Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lk 4 Prakarya Kelas 8 Semester 2 Bab 4


Lk 4 Prakarya Kelas 8 Semester 2 Bab 4

lk 3 prakarya kelas 8 bab 4 semester 2 hal 109​ tolong

1. lk 3 prakarya kelas 8 bab 4 semester 2 hal 109​ tolong


Jawaban:

Tepung serelia adalah tepung yang dibuat dari biji bijian. Contoh tepung serelia adalah tepung beras, tepung jagung, tepung gandum, tepung sorgum dan lain lain

Sementara tepung umbi adalah tepung yang dibuat dari umbi. Contohnya adalah tepung terigu, tepung kentang, Tepung Tangmien, Tapioka dan lain lain.

Perbedaan tepung serealia dan tepung umbi terletak pada rasa, aroma, warna dan juga tekstur. Nutrisi secara spesifik juga pasti berbeda hanya saja secara umum masing masing tepung ini merupakan sumber karbohidrat yang baik.

Contoh tepung serealia adalah tepung gandum. Jika dibandingkan dengan tepung umbi semisal tepung terigu maka akan diperoleh perbedaan sebagai berikut:

● Tepung gandum teksturnya agak kasar, sementara tepung terigu jauh lebih halus.

● Tepung gandum berwarna kecoklatan sementara tepung terigu putih susu.

● Dari aroma jelas berbeda karena bahan pembuatannya berbeda hanya saja bisa dikatakan aroma pada tepung gandum lebih kuat daripada tepung terigu.

● Tingkat elastisitas juga berbeda, terigu jauh lebih elastis dari gandum oleh sebab itu ia populer menjadi bahan dasar pembuatan kue kue.


2. LK 8 prakarya kelas 8 bab 1 semester 1


Corak batik
Kalo salah

3. prakarya kelas 8 halaman 10 lk 4 semester 2​


Jawaban:

Penjelasan:SEKIAN TERIMA KASIH


4. prakarya kelas 8 semester 2 halaman 137 LK-2


Pada Lembar Kerja 2, halaman 137 kelas 8 pada pelajaran Prakarya, berikut adalah penjelasannya:

Tabel 1

Bahan pangan: bahan pangan yang digunakan adalah padi.Hasil samping: hasil samping dari nasi adalah jerami.Manfaat: manfaat dari jerami adalah untuk makanan hewan ternak, kandang hewan, dan juga untuk menciptakan api.Produk pangan: produk pangan dari padi adalah nasi.Latar belakang sosial budaya: jerami menjadi banyak di Indonesia karena sebagian besar mata pencaharian masyarakat Indonesia adalah sebagai petani padi.

Tabel 2

Bahan pangan: bahan pangan yang digunakan adalah kacang kedelai.Hasil samping: hasil samping dari kacang kedelai adalah ampas kecap, ampas tahu, dan kulit kacang kedelai.Manfaat: manfaat dari hasil samping dari kacang kedelai adalah untuk makanan hewan ternak.Produk pangan: produk pangan dari kacang kedelai adalah susu kedelai, tahu, tempe, dan kecap.Latar belakang sosial budaya: hasil samping dari kedelai banyak di Indonesia karena banyak masyarakat Indonesia yang bekerja sebagai petani dan peternak.

Tabel 3

Bahan pangan: bahan pangan yang digunakan adalah singkong.Hasil samping: hasil samping dari singkong adalah daun dan kulit singkong.Manfaat: manfaat dari daun dan kulit singkong adalah pupuk dan menjadi bahan pangan.Produk pangan: produk pangan dari singkong adalah keripik singkong, tape, kue, dll.Latar belakang sosial budaya: singkong adalah umbi yang cukup mudah ditanam sehingga banyak masyarakat Indonesia yang menanam singkong di kebun rumahnya dan membuat hasil samping dari singkong tersebut banyak digunakan di Indonesia.

Pembahasan

Pengolahan bahan pangan adalah kegiatan mengubah bahan pangan mentah sehingga bisa menjadi bahan pangan jadi dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas gizinya dan juga untuk memperpanjang umur dari bahan pangan tersebut.

Secara garis besar, bahan pangan bisa dibedakan menjadi:

SerealiaUmbi-umbianKacang-kacangan

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang pengertian olahan pangan setengah jadi

https://brainly.co.id/tugas/2707250

Materi tentang olahan bahan pangan serealia, umbi, dan kacang

https://brainly.co.id/tugas/27485060

Detail jawaban

Kelas: 8

Mapel: Seni Budaya

Bab: -

Kode: 8.19

#AyoBelajar 


5. prakarya kelas 8 semester 2 bab 1​


Jawaban✍:Contoh kegiatan reduce sehari-hari :Memilih produk dengan kemasan yang dapat didaur ulang.Hindari memakai dan membeli produk yang menghasilkan sampah dalam jumlah besar.Menggunakan produk yang dapat diisi ulang ( refill ). Misalnya alat tulis yang bisa diisi ulang kembali.Contoh kegiatan reuse sehari-hari :Memilih wadah, kantong atau benda yang dapat digunakan beberapa kali atau berulang-ulang. Misalnya, menggunakan sapu tangan daripada menggunakan tisu, menggunakan tas belanja dari kain daripada menggunakan kantong plastik.Menggunakan alat-alat penyimpen elektronik yang dapat dihapus dan ditulis kembali.Menggunakan Sisi kertas yang masih kosong untuk menulis.contoh kegiatan recyle sehari-hari :Memilih produk dan kemasan yang dapat didaur ulang dan mudah terurai.Mengolah sampah kertas menjadi kertas atau karton kembali.Melakukan pengolahan sampah organik menjadi komposUngkapan perasaan :

-

_____♥_____♥_____♥_____

Semoga Bermanfaat( ˘ ³˘)❤

Maaf Ya Klau Salah:)

#NoCopasGoogle✔

#NoNgasal✔

#SenangBisaMembantu^>^

JadikanJawabanYgTercedasYaa!!^_^

*Jangan lupa follow aku yaa!! Makasih♥

Note : Jika jawaban saya salah,laporkan saja:)


6. LK 4 Prakarya halaman 130 kelas 8 semester 1tolong dong...​


Nama olahan pangan : Tempe Gembus

Bahan yang digunakan :

Ampas kedelai 500 gram

Ragi tempe 1 sendok teh

Alat : plastic sealed, tusuk gigi, panci kukusan, nampan, wajan dan sutil

penggorengan, serta rak kawat dan serbet

Teknik pengolahan pangan yang digunakan:

Isi bagian bawah panci  kukusan dengan air, letakkan  sarang kukusan diatasnya,  lalu masukkan ampas kedelai  pada panci kukusan dan  kukus selama 30 menitAngkat ampas  kedelai kukus dengan  dihampar pada b nampan secara merata  dan dinginkan dengan  cara dianginkan.Setelah dingin, sangrai  ampas kedelai kukus  hingga kering (tidak  terasa lembab jika  dipegang dengan jari).Angkat ampas kedelai  sangrai dan dinginkan  dengan dihampar pada  nampan secara merata.Setelah ampas kedelai sangrai  dingin beri satu sendok teh  ragi dan campurkan secara  merata dengan menggunakan  sedok atau sutil penggorengan.  Usahakan tangan jangan sampai  menyentuh ampas kedelai yang  telah dicampur ragi.Masukkan ampas kedelai bercampur  ragi pada plastik sealed dan  rapatkan. Lubangi kedua permukaan  plastik dengan menggunakan  tusuk gigi agar ada rongga udara.  Letakkan plastic sealed berisi ampas  kedelai diatas rak kawat yang  telah dihampar dengan serbet dan diamkan selama 2 sampai 3 hari.Setelah didiamkan selama tiga hari, maka  jadilah tempe gembus yang siap dimasak.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang olahan pangan gado-gado https://brainly.co.id/tugas/22320024

Materi olahan pangan pada sayuran https://brainly.co.id/tugas/15120500

Materi tentang olahan pangan sayuran https://brainly.co.id/tugas/22485759

Detail Jawaban

Kelas : 7

Mapel : Prakarya

Bab : -

Kode : 7.23

#AyoBelajar


7. Lembar kerja 2 (LK 2) prakarya kelas 8 bab 1 semester 1​


Jawaban:

semoga membantu yaa

Penjelasan:

ada di gambar


8. kak bantu jawab dong, lk 3 prakarya kelas 8 semester 2​


Jawaban:

kamu mau Budi daya apa?, kalo dulu sy Budi daya cupang. alat yg diperlukan: akuarium kecil/bisa pake botol bekas. Bahan: Air, vitamin untuk air cupangnya, dan makanan cupang berupa jentik nyamuk/anak nyamuk


9. Jawaban buku paket prakarya kelas 8 semester 2 halaman 10 lk-4bantu jawab yaa pliss​


Berikut adalah analisis sebuah produk kerajinan berdasarkan rancangan berkelanjutan. Produk yang dianalisis adalah kotak tisu yang terbuat dari kayu.

Metode pembuatan kerajinan:

Buat rancangan desain karya sesuai dengan fungsi praktis dan bahan dasarnya (kayu).Dapatkan kayu yang berkualitas baik.Potong kayu sesuai dengan ukuran yang diinginkan.Ratakan dan haluskan permukaan potongan kayu.Rangkai potongan-potongan kayu sesuai desain.Hias sesuai dengan desain dan poles supaya tahan lama.

Asosiasi (hubungan antara rencana dengan hasil):

Adanya timbal balik antara rencana dengan hasil akhir.Terdapat perubahan rencana sesuai dengan kendala atau masalah yang ditemukan pada saat proses produksi karya kerajinan.

Estetika karya:

Tahan lama dan kuat.Mudah digunakan.Hiasan yang menarik.

Kebutuhan:

Pembuatan desain barang.Perencanaan produksi dan target pengguna.

Telesis:

Kotak tisu yang dibuat dihiasi dengan gambar atau motif tradisional (contohnya batik). Motif tradisional tersebut membuat hasil kerajinan menjadi lebih menarik untuk digunakan oleh orang-orang.

Kegunaan:

Kotak tisu dapat digunakan sebagai wadah yang melindungi kertas tisu supaya tisu tersebut tidak mudah basah serta menjaga supaya tisu tersebut tetap rapi dan tidak mudah terbang, kotor, atau berantakan. Desain kotak tisu yang indah juga dapat membuat ruangan tempat kotak tisu tersebut berada menjadi lebih menarik.

Pembahasan

Sebuah produk kerajinan dapat dianalisis berdasarkan enam tata kelola desain yang bersifat berkelanjutan. Enam hal tersebut dan penjelasannya adalah sebagai berikut:

Metode, yaitu pengetahuan yang melibatkan imajinasi, daya serap, dan abstraksi (episteme) serta keterampilan bertukang (techne).Asosiasi, yaitu kemampuan untuk menghubungkan gagasan dengan kemampuan panca indera.Estetika, yaitu unsur keindahan yang muncul dari perpaduan unsur dalam karya kerajinan.Kebutuhan, yaitu kebutuhan yang harus direncanakan, dilaksanakan, maupun didapatkan dalam proses pembuatan karya.Telesis, yaitu cara berpikir pengrajin dalam memikirkan fungsi desain karya dalam dimensi sosial dan budaya.Kegunaan, yaitu fungsi praktis dari sebuah karya kerajinan.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang analisis tata kelola desain berkelanjutan https://brainly.co.id/tugas/14085956Materi tentang pengertian seni kerajinan https://brainly.co.id/tugas/3141876Materi tentang pengertian seni kriya https://brainly.co.id/tugas/12443303

Detail jawaban

Kelas: 8

Mapel: Wirausaha

Kode: 8.23

#AyoBelajar


10. LEMBAR KERJA-3 (LK-3) prakarya kelas 8 hal 8 semester 2​


Jawaban✍:

Contoh kegiatan reduce sehari-hari

Memilih produk dengan kemasan yang dapat didaur ulang.Hindari memakai dan membeli produk yang menghasilkan sampah dalam jumlah besar.Menggunakan produk yang dapat diisi ulang ( refill ). Misalnya alat tulis yang bisa diisi ulang kembali.


Contoh kegiatan reuse sehari-hari :

Memilih wadah, kantong atau benda yang dapat digunakan beberapa kali atau berulang-ulang. Misalnya, menggunakan sapu tangan daripada menggunakan tisu, menggunakan tas belanja dari kain daripada menggunakan kantong plastik.Menggunakan alat-alat penyimpen elektronik yang dapat dihapus dan ditulis kembali.Menggunakan Sisi kertas yang masih kosong untuk menulis.


contoh kegiatan recyle sehari-hari :

Memilih produk dan kemasan yang dapat didaur ulang dan mudah terurai.Mengolah sampah kertas menjadi kertas atau karton kembali.Melakukan pengolahan sampah organik menjadi kompos


CONTOH BARANG BARANG YANG DIOLAH



Contoh Reduce:Menggunakan botol yang bisa diisi ulang daripada membeli botol kemasan plastik.Mencetak pada kertas bolak-balik, tidak hanya satu sisi.Ketika berbelanja membawa tas sendiri yang bisa digunakan berulangkali.Membawa makan siang dalam wadah yang reusable, bukan menggunakan kemasan plastik.Kurangi penggunaan disposable good seperti piring plastik/kertas, gelas plastik/kertas

Contoh Reuse:Pakaian, baju dan alat-alat yang tidak dipakai didonasikan/dijual ke second hand shop.Menggunakan tas sendiri untuk berbelanjaMengirim parcel/barang menggunakan kardus bekas, mengirim surat menggunakan amplop bekasMenggunakan gelas berbahan kaca yang bisa dipakai berulangkali daripada menggunakan gelas plastik/kertasMenggunakan ban yang sudah tidak dipakai dan diubah menjadi kursi, meja dan lain sebagainya


Contoh Recycle:Mengumpulkan dan memilah sampahTutup botol plastik digunakan untuk membuat tas belanja, sapu dan lain sebagainyaKarton telur direcycle menjadi kartun telur lainnyaMendaur ulang kertas menjadi kertas atau buku lainnya.




ungkapan perasaan : Saya sangat senang dapat mengetahui informasi cara cara mengolah limbah  dan  bangga bahwa negara kita dapat mengurangi sampah dengan sangat baik yaitu redce reuse dan recycle, karena membakar samapah akan mengakibatkan polusi




Penjelasan:


Di gambar tulisannya mendeskripsikan jadi saya tulis cara pengolahannya dan contoh benda yang diolah ya



Detail Jawaban

Kelas: 7

Mapel: Biologi

Kategori: Pencemaran Lingkungan

Kode: 7.4.9

Kata Kunci: reduce, reuse, recycle, 3R


11. Lk 2 prakarya bab 5 kelas 8​


Jawaban:

maksudnya apa?

Penjelasan:

maksudnya apa ya soalnya kurang bagus.


12. lk 3 kuliner khas tradisi indonesia prakarya kelas 8 semester 2


gudeg, sate rujak ,cingur

13. prakarya kelas 8 semester 2 halaman 52 LK 1​


Jawaban:

prakarya kelas 8 semester 2 halaman 52 LK 1​

Penjelasan:

sumber air, kondisi air hujan setelah masuk di tanah, manfaat dan penggunaan air bersih

air hujan, bersih/kotor atau dingin, Menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh,   mata air, bersih/kotor atau dingin,.Membersihkan badan. pencairan es, bersih/kotor atau dingin, Membersihkan bahan makanan dan masak.

Pelajari lebih lanjut tentang materi sumber air https://brainly.co.id/tugas/2377250

#BelajarBersamaBrainly


14. rangkuman bab 4 kelas 8 semester 2mapel prakarya besok di kumpulkan​


Pengolahan bahan pangan adalah kegiatan mengubah bahan pangan mentah menjadi olahan pangan setengah jadi atau olahan pangan jadi. Topik ini juga dibahas lengkap pada buku Prakarya Kelas 8 Bab 4 Semester 2.

Pembahasan

Pengolahan bahan pangan adalah kegiatan mengolah bahan pangan mentah sehingga bisa menjadi olahan pangan setengah jadi dan olahan pangan jadi yang sudah siap dikonsumsi.

Jenis bahan pangan mentah bisa dibedakan menjadi:

Serealia: jenis bahan pangan yang berasal dari tanaman padi dan bijinya mengandung karbohidrat.Kacang-kacangan: bahan pangan mentah yang memiliki biji dengan ukuran lebih besar ketimbang serealia dan mengandung protein tinggi.Umbi: bahan pangan mentah yang merupakan organ dengan perubahan bentuk dan ukuran. Umbi juga mengandung karbohidrat yang tinggi.

Berikut adalah beberapa contoh dari bahan pangan mentah dari setiap jenis bahan pangan:

Serealia: beras, jagung, gandum, dan sorgum.Kacang-kacangan: kacang tanah, kacang hijau, dan kacang kedelai.Umbi: ubi jalar, kentang, talas, dan singkong.

Berikut adalah beberapa teknik pengolahan bahan pangan:

Merebus: teknik pengolahan pangan basah yang dilakukan dengan memasak bahan pangan di dalam air yang sudah mendidih.Mengukus: teknik pengolahan bahan pangan basah yang dilakukan dengan memasak bahan pangan menggunakan uap panas.Membakar: teknik pengolahan bahan pangan kering yang dilakukan dengan memasak bahan pangan dengan mengenakan bahan pangan kepada api secara langsung.Menumis: teknik pengolahan bahan pangan yang dilakukan dengan memasak bahan pangan hanya dengan sedikit minyak.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang teknik pengolahan bahan pangan

https://brainly.co.id/tugas/33196779

Materi tentang bahan pangan setengah jadi

https://brainly.co.id/tugas/22427470

Materi tentang hal yang harus diperhatikan dalam menyajikan olahan pangan

https://brainly.co.id/tugas/30134378

Detail jawaban

Kelas: 8

Mapel: Wirausaha

Bab: -

Kode: 8.23

#AyoBelajar 


15. prakarya kelas 8 semester 2 lk 5,tolong dijawab ya​


Pada Lembar Kerja 5 yang ada pada buku cetak Prakarya kelas 8 semester 2, berikut adalah penjelasan yang ada pada tabel tersebut:

Kerajinan 1

Jenis bahan limbah keras organik: tempurung kelapaCiri-ciri produk kerajinan: keras dan digunakan untuk makan.Bentuk produk kerajinan: bulat seperti mangkuk.Ukuran produk kerajinan: sekitar 20 cm.Warna dan motif produk: warna coklat.Teknik pembuatan: pembersihan, pemotongan, penghalusan, dan pembentukan.

Kerajinan 2

Jenis bahan limbah keras organik: cangkang kerang.Ciri-ciri produk kerajinan: digantung pada tas.Bentuk produk kerajinan: gantungan kunci.Ukuran produk kerajinan: 5 cm.Warna produk kerajinan: putih.Teknik pembuatan: pembersihan, penempelan, pengeringan.

Kerajinan 3

Jenis bahan limbah keras organik: tulang ikanCiri-ciri produk kerajinan: berbentuk bulat dan digunakan pada lengan.Bentuk produk kerajinan: gelang.Ukuran produk kerajinan: diameter sekitar 10 cm.Warna produk kerajinan: putih.Teknik pembuatan: pembersihan, pengeringan, dan pewarnaan.

Kerajinan 4

Jenis bahan limbah keras organik: sisik ikan.Ciri-ciri produk kerajinan: digunakan pada kuping.Bentuk produk kerajinan: anting.Ukuran produk kerajinan: 3 cm.Warna produk kerajinan: warna-warni.Teknik pembuatan: pembersihan, pewarnaan, penempelan, dan pengeringan.

Pembahasan

Limbah keras organik adalah salah satu bentuk dari bahan dasar yang bisa digunakan dalam pembuatan karya kerajinan. Limbah keras organik adalah jenis limbah yang berasal dari lingkungan alam dan sudah memiliki sifat yang keras dan kokoh tanpa adanya kegiatan pengolahan oleh manusia. 

Berikut adalah beberapa contoh dari limbah keras organik yang sering digunakan dalam pembuatan karya kerajinan:

KayuCangkang kerangTempurung kelapaSisik ikan

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang contoh kerajinan berbasis media campuran

https://brainly.co.id/tugas/21263558

Materi tentang prinsip kerajinan berbasis media campuran

https://brainly.co.id/tugas/18677013

Materi tentang contoh stilasi pada kerajinan berbasis media campuran

https://brainly.co.id/tugas/29024624

Detail jawaban

Kelas: 8

Mapel: Seni Budaya

Bab: 9 - Penerapan Ragam Hias pada Bahan Keras

Kode: 8.19.9

#AyoBelajar 


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Lk 4 Prakarya Kelas 8 Semester 2 Bab 4"