Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Logika Pemrograman


Soal Logika Pemrograman

soal pemrograman dasar

1. soal pemrograman dasar


maksudnya gimana suruh bikin soal gitu

2. soal algoritma dan pemrograman


1. Buatlah algoritma dan program yang dapat mengkonversikan sebuah nilai huruf A - E menjadi nilai 4 - 02. Buatlah algoritma dan program untuk menentukan gaji seorang karyawanJawabanPendahuluan

Pengertian Algoritma

Algoritma adalah susunan logis dan sistematis dari langkah-langkah untuk memecahkan atau menyelesaikan suatu permasalahan. Misalnya adalah langkah – langkah untuk memasak mie instan.

Dalam dunia pemrograman, algoritma digunakan untuk membuat software dengan berbagai kegunaan yang digunakan pada perangkat komputer. Algoritma dalam pembuatan software diimplementasikan dengan beberapa bahasa pemrograman seperti C/C++, C#, Visual Basic, dan bahasa pemrograman lainnya.Tanpa algoritma yang tepat, baris demi baris kode tidak akan menghasilkan output yang diinginkan. Oleh karena itu algortima sangat penting dalam membuat program berfungsi sebagaimana mestinya.  

Semakin kompleks suatu algoritma, semakin banyak pula statement di dalamnya dan tidak selamanya berurutan. Statement-statement ini perlu diseleksi dan disesuaikan dengan permasalahan dan prosedur menyelesaikan suatu masalah. Proses penyeleksian statement inilah yang disebut dengan percabangan.

Pembahasan

algoritma dan program yang dapat mengkonversikan sebuah nilai huruf A - E menjadi nilai 4 - 0. Untuk mengerjakan soal ini, ada cara yang sangat mudah sekali sebenarnya, dengan memanfaatkan apa itu kode ASCII.

Karakter atau character dalam bahasa pemrograman adalah sebuah tipe data yang memiliki ukuran 1 byte yang mampu menyimpan data berupa bilangan bulat dari 0 hingga 255. Karakter ini biasanya digunakan untuk menyimpan data huruf yang direpresentasikan dalam bentuk kode ASCII.

ASCII sendiri adalah American Standard Code for Information Interchange (ASCII) yaitu suatu standar internasional untuk pengkodean huruf dan simbol seperti Hex dan Unicode.  

Kode ASCII bersifat universal, contohnya 65 adalah kode untuk karakter 'A' dan 97 adalah kode untuk karakter 'a'. Kode ASCII ini selalu digunakan oleh komputer dan alat komunikasi lain dalam konteks data berupa teks. Kode ASCII sebenarnya memiliki komposisi bilangan biner sebanyak 7 bit. Namun, ASCII disimpan sebagai sandi 8 bit dengan menambakan satu angka 0 sebagai bit significant paling tinggi sehingga ukurannya kita kenal menjadi 1 byte per huruf.

Dengan kata lain, huruf juga bisa kita asumsikan sebagai suatu nilai angka Integer. Oleh karena itu bisa juga kita gunakan operator aritmatika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan lainnya. Sebagai contoh karakter 'A' - 'A' = 0 dan 'C' - 'A' = 2, dan seterusnya.

Algoritma dan program untuk menentukan gaji karyawan dengan ketentuan

gaji pokok, jenis kelamin, dan jumlah anak diinputkanTunjangan anak diberikan bila karyawan telah menikah dan mempunyai anakBagi karyawan laki-laki yang telah menikah diberi tunjangan keluargaApabila anak kurang dari 3 atau gaji lebih kecil dari 200.000 maka akan mendapatkan tambahan gaji 50.000

Untuk menyelesaikan soal ini, kita gunakan percabangan dan logika sederhana saja.

Kesimpulan

1. Algoritma dan program yang dapat mengkonversikan sebuah nilai huruf A - E menjadi nilai 4 - 0

Algoritma

MulaiDefinisikan nilai Huruf sebagai huruf, bertipe karakterDefinisikan nilai Angka sebagai angka, bertipe integerMasukan nilai Huruf, simpan ke variabel hurufangka = Huruf - 'E'Cetak nilai angka = angkaSelesai

Program dalam C/C++

#include<stdio.h>

int main()

{

char huruf;

int angka;

printf("masukan nilai angka (A-E) : ");

scanf("%c", &huruf);

angka ='E' - huruf;

printf("Nilai huruf adalah : %i", angka);

return 0;

}

Algoritma dan program untuk menentukan gaji karyawan

Algoritma

MulaiDefinisikan tunjangan anak, tunjangan keluarga, gaji total integerInput gaji, jenis kelamin, jumlah anak, menikah atau belumberi nilai gaji total = gajiJika jumlah anak > 0, gaji total += tunjangan anakJika laki-laki dan sudah menikah, gaji total += tunjangan keluargaJika jumlah anak < 3 atau gaji < 200.000, gaji total +=50.000Selesai

Program dalam C/C++

#include<stdio.h>

int main()

{

char jk, menikah;

int gaji, anak, gajitotal;

int tunjangan_anak = 50000, tunjangan_keluarga = 50000;

printf("masukan gaji : ");

scanf("%i", &gaji);

printf("masukan jenis kelamin (L/P) : ");

scanf("%c", &jk);

printf("masukan jumlah anak : ");

scanf("%i", &anak);

printf("sudah menikah? (Y/N) : ");

scanf("%c", &menikah);

gajitotal = gaji;

if(anak > 0) gajitotal += tunjangan_anak;

if(jk =='L' && menikah =='Y') gajitotal += tunjangan_keluarga;

if(anak < 3 || gaji < 200000) gajitotal += 50000;

printf("Gaji total : %i", gajitotal);

return 0;

}


Pelajari lebih lanjut

program menghitung total harga https://brainly.co.id/tugas/15116065

Detil Jawaban Kelas : 10 Mapel : TIK Bab : Mengenal Pemrograman Komputer Kode : 10.11.6 Kata Kunci : algoritma dan program konversi nilai huruf, algoritma dan program untuk menentukan gaji seorang karyawan

3. Silahkan siswa mencari referensi mengenai logika pemrograman, dan jelaskan secara singkat apa itu logika pemrograman!  tolong dijawab!!​


Jawaban:

Logika Pemrograman lebih dari sekedar memahami cara membuat program dalam bahasa pemrograman tertentu.

Logika Pemrograman adalah kemampuan menggunakan Ilmu Pemrograman dalam memecahkan masalah (problem solving)


4. Minta tolong soal pemrograman dasar


Input M, W, H

If W < M Or H < M Then
Output ("Upload ulang")
Else If W >= M And H >= M And W != H
Output ("Memanggil Fungsi Cropping")
Else If W >= M And H >= M = H
Output ("Gambar diterima")
End If

5. elaskan apakah yang dimaksud dengan alur logika pemrograman komputer!


menurut pemikiran kita sendiriAlurnya simple dengan namanya algoritma. dimana ilmunya ini lah yang membuat sebuah prosedur. sehingga pemerograman bisa berjalan

6. contoh soal pemrograman dasar


maksudnya gimana suruh bikin soal apa gimana

7. Prolog adalah bahasa pemrograman logika atau di sebut juga sebagai bahasa non-procedural. Namanya diambil dari bahasa Perancis programmation en logique (pemrograman logika)


apa arti mengenai menggambar komik
aku mohon
>""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""<

8. contoh soal tentang perulangan. PEMROGRAMAN DASAR​


1. ada berapakah jenis perulangan? sebutkan!

2. tuliskan sintaks perulangan.


9. Peranan logika dan algoritma dalam pemrograman


Jawaban:

Banyak salah satunya perhitungan


10. Penyusunan dan penulisan logika dalam bentuk notasi kode yang mirip dengan bahasa pemrograman tertentu tetapi tidak memiliki dari bahasa pemrograman yang digunakan


Jawaban:

Algoritma

Penjelasan:

Algoritma adalah penyusunan dan penulisan logika dalam bentuk notasi kode yang mirip dengan bahasa pemrograman tertentu.


11. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan alur logika pemrograman komputer!


Penyajian algoritma secara garis besar bisa dalam 2 bentuk penyajian yaitu tulisan dan gambar. Algoritma yang disajikan dengan tulisan yaitu dengan struktur bahasa tertentu (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) dan pseudocode. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya seperti Pascal, atau C, sehingga lebih tepat digunakan untuk menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada pemrogram. Sedangkan algoritma disajikan dengan gambar, yaitu dengan Flowchart

12. langkah membuat alur logika pemrograman​


Jawaban:

A. Penyajian atau Penulisan Algoritma

Penyajian algoritma secara garis besar bisa dalam 2 bentuk penyajian yaitu tulisan dan gambar. Algoritma yang disajikan dengan tulisan yaitu dengan struktur bahasa tertentu (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) dan pseudocode. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya seperti Pascal, atau C, sehingga lebih tepat digunakan untuk menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada pemrogram. Sedangkan algoritma disajikan dengan gambar, yaitu dengan Flowchart

B. Flowchart (Diagram Alir)

Flowchart atau bagan alir adalah skema/bagan (chart) yang menunjukkan aliran (flow) di dalam suatu program secara logika.

Flowchart merupakan alat yang banyak digunakan untuk menggambarkan algoritma dalam bentuk notasi-notasi tertentu. Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta pernyataannya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan proses tertentu. Sedangkan antara proses digambarkan dengan garis penghubung. Dengan menggunakan flowchart akan memudahkan kita untuk melakukan pengecekan bagian-bagian yang terlupakan dalam analisis masalah. Di samping itu flowchart juga berguna sebagai fasilitas untuk berkomunikasi antara pemrogram yang bekerja dalam tim suatu proyek.

Walaupun tidak ada kaidah-kaidah yang baku dalam penyusunan flowchart, namun ada beberapa anjuran:

1) Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat.

2) Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas.

3) Sebuah flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.

Berikut merupakan beberapa contoh simbol flowchart yang disepakati olehdunia pemrograman

Pengertian Simbol Flowchart:

1. Terminator : Notasi ini digunakan untuk menunjukkan awal dan akhir suatu algoritma

2. Aliran data : Notasi ini disebut Arrow yang digunakan untuk menunjukkan arus data atau aliran data dari proses satu ke proses lainnya.

3. Input / Output : Notasi ini disebut Data yang digunakan untuk mewakili data input atau output atau menyatakan operasi pemasukan data dan pencetakan hasil.

4. Proses : Notasi ini disebut Process yang digunakan untuk mewakili suatu proses.

5. Percabangan : Notasi ini disebut Decision yang digunakan untuk suatu pemilihan, penyeleksian kondisi di dalam suatu program

6. Preparation : Notasi ini digunakan untuk memberi nilai awal, nilai akhir, penambahan / pengurangan bagi suatu variable counter.

7. Predefined Process / Call : Notasi ini digunakan untuk menunjukkan suatu operasi yang rinciannya ditunjukkan ditempat lain (prosedur, sub-prosedur, fungsi)

8. Connector : Notasi ini digunakan untuk menunjukkan sambungan dari flowchart yang terputus di halaman yang sama atau halaman berikutnya.

9. Off page Connector : Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada halaman berbeda

Penjelasan:

jangan lupa mengikuti aku ya


13. Tipe data yang merupakan logika dalam bahasa pemrograman adalah


Jawaban:

Boolean

Tipe data Boolean atau (bool) merupakan tipe data yang mewakili nilai benar dan salah dalam suatu data. Umumnya, dalam tipe data ini nilai salah (false) dan benar (true) direpresentasikan dengan 0 (false) dan 1 (true).

maaf kalau salah


14. Soal pemrograman dasar kls 10


Jawaban:

ini dugaan saya dipakai untuk aplikasi form ya.

jadi jawabannya no 4 dan 5

4. yang akan terjadi adalah program akan menyimpan sebuah list/kumpulan data yang isinya Agama, fisika, biologi, dan kimia yang nantinya bisa ditampilkan pada form.

5. biasanya list seperti ini ditampilkan pada form dalam bentuk drop down


15. contoh soal uts algoritma dan pemrograman​


Jawaban:

itukan soal gue kemaren


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Soal Logika Pemrograman"