Cara Pengisian Kartu Kendali
tuliskan cara mengisi kolom pada kartu kendali
1. tuliskan cara mengisi kolom pada kartu kendali
Jawaban:
Kartu kendali berukuran 10 cm x 15 cm dimana terdiri dari 3 lembar dan biasannya dicetak menggunakan carbon copy.
Indeks : Sejahtera, PT
Tgl : 05 November 2012
No. Urut : 1 M/K : M
Kode : Se
Isi Ringkas : Pesanan barang
10 Unit Komputer Merek Toshiba
10 Unit Laptop Merek Toshiba
Lampiran : 1 Lembar
Tgl. Surat : 03 November 2012
No. Surat : 13/A/XI/12
Dari : PT Sejahtera, Jl. Raya Cempaka Putih No 123 Jakarta Pusat
Kepada : PT Genta Nusa Jl. Raya Pusaka Abadi No 12 Jakarta Selatan
Pengolah : Bagian Keuangan
Paraf :
Catatan : -
Kolom Indeks : diisi dengan masala surat, sesuai dengan system penyimpanan.
Kolom Tgl, No Urut, M/K : diisi dengan tanggal masuk atau keluarnya surat, sedangkan nomor urut diisi dengan nomor urut pada saat hari itu, kemudian ika M dilingkari dimaksudkan bahwasannya surat tersebut terasuk surat masuk.
Kolom Kode : Diisi berdasarkan sesuai kode indeks yang digunakan
Kolom Isi Ringkas : Diisi uraian ringkas tentang isi surat
Kolom Lampiran : Diisi jumlah lampiran yang terdapat pada surat
Kolom Dari : Diisi instansi mana surat itu berasal
Kolom Kepada : Diisi kepada siapa surat itu ditunjukan
Kolom Tanggal Surat : Diisi tanggal surat masuk / keluar
Kolom Nomor Surat : Diisi nomor surat masuk / keluar
Kolom Pengolah : Diisi dengan unit kerja instansi yang bersangkutan yang akan menangin surat tersebut
Kolom Paraf : Proses ini dilakukan setelah surat tersebut disampaikan pada unit kera, maka penerimanya harus memberikan parafnya sebagai tanda surat telah diterima. Atau bias dikatakan bahwasannya penggunaan kartu kendali memiliki fungsi juga sebagai buku ekspedisi
Kolom Catatan : Diisi bila adanya suatu penjelasan terhadap surat tersebu, seperti lampiran tidak ada dan disurat di katakana ada atau tidak lengkapnya surat.
Urutan pengurusan surat masuk dengan system kartu kendali, sebagai berikut :
1. Surat penting diserahkan kepada suatu kerja pengarah untuk diprses lebih lanjut
2. Oleh satuan kerja pengarah, surat ini dilampirkan tiga lembar kartu kendali atau sehelai lembar disposisi
3. Apabila lembar I, II, III telah diisi, maka lembar I (warna Putih) ditinggal pada pengarah
4. Lembar II ( warna Kuning) dan III (warna merah) disampaikan pada unit pengolah untuk disampaikan.
5. Kartu kendali lembar III ( warna merah) disatukan dengan surat yang akan diselesaikan oleh satuan kerja pengolah, dan lembar II ( warna Kuning) kembali pada pengarah untuk disimpan di bagian kerasipan sebagai pengganti surat asli yang sedang diproses oleh satuan kerja pengolah
6. Untuk surat pribadi bersifat dinas, harus di kembaliakn kepada satuan kerja pengarah untuk diproses lebih lanjut. Apabila termasuk surat penting, pemrosesnya hendaknya menggunakan kartu kendali.
Penjelasan:
Mahkota ya...
2. bagaimana cara mengisi kolom indeks dan kolom nomor surat pada sistem kartu kendali
Jawaban:
menulis dengan rapi , jelas,dan singkat
3. perbedaan kartu indeks dengan kartu kendali
Jawaban:
Kartu Indeks adalah kartu yang berisi identitas suatu arsip/warkat yang di simpan, gunanya sebagai alat bantu untuk menemukan arsip. Kartu indeks dapat dibuat dengan ukuran 12,5 x 7,5. Kartu indeks hanya di gunakan dengan system penyimpanan subjek, tanggal, wilayah, dan nomor.
Kartu kendali adalah Lembar isian yang digunakan untuk pencatatan, penyampaian, dan penyimpanan surat yang sifatnya penting, sehingga bila surat diperlukan dapat dengan mudah ditemukan kembali. Pada system kartu kendali perlu dilakukan pengelompokan surat antara lain surat penting, surat rahasia dan surat biasa.
Penjelasan:
4. Petugas yang berhak memberikan nomor urut pada kartu kendali untuk surat keluar dalam sistem kartu kendali adalah...
Jawaban:
petugas keamanan dan polisi
5. 5 fungsi kartu kendali?
Fungsi kartu kendali adalah sebagai berikut.
- Alat pengendali surat masuk
- Alat pengendali surat keluar
- Alat pelacak surat
- Arsip pengganti bagi surat-surat yang masih dalam proses
- Sebagai pengganti buku agenda dan buku ekspedisi
semoga membantu.
Kartu kendali adalah Lembar isian yang digunakan untuk pencatatan, penyampaian, dan penyimpanan surat yang sifatnya penting, sehingga bila surat diperlukan dapat dengan mudah ditemukan kembali. Pada system kartu kendali perlu dilakukan pengelompokan surat antara lain surat penting, surat rahasia dan surat biasa, semoga membantu Yaa✨
6. bagai mana cara pengurusan surat masuk surat masuk dengan menggunakan kartu kendali?
Sebelumnya telah dibuat ketentuan atau peraturan di tiap instansi bahwa semua surat masuk dan keluar diterima melalui satu pintu, yaitu unit kearsipan. Hal ini akan lebih memudahkan untuk kontrol dan pengawasannya. Dalam pelaksanaannya, kalau suatu unit kerja memerlukan kecepatan dalam memproses surat keluar tersendiri sampai dengan penyampaiannya ke instansi lain dilaksanakan sendiri. Hal ini dapat dilakukan, asalkan dua kartu kendali diserahkan kepada unit kearsipan, sehingga unit kearsipan selalu mengetahui pula apa yang telah dilaksanakan. Prosedur pengurusan surat masuk biasa. Dalam penanganan surat masuk yang bersifat biasa, tidak perlu dicatat dalam kartu kendali, tetapi menggunakan lembar pengantar surat biasa. Alur kerjanya juga sedikit lebih pendek jika dibandingkan dengan kartu kendali. Surat biasa tidak perlu cepat disampaikan ke unit pengolah, tetapi dapat menunggu 1 atau 2 hari sampai terkumpul agak banyak, karena pencatatan dapat dilakukan sekaligus untuk beberapa surat dalam satu lembar pengantar surat biasa. Jika menggunakan kartu kendali, satu lembar surat dicatat dalam satu lembar kartu kendali rangkap 3, tidak bisa beberapa surat dicatat sekaligus dalam satu kartu kendali. Karena bersifat biasa, penyimpanan surat tidak terlalu lama, dan cukup disimpan di unit pengolah saja, tidak perlu lagi diserahkan kepada penata arsip. Penghapusan arsipnya pun dilakukan di unit pengolah. Langkah-langkah pengurusan surat masuk biasa adalah sebagai berikut. - Surat-surat masuk biasa dikumpul 1 atau 2 hari, setelah banyak baru dicatat dalam lembar pengantar surat biasa rangkap 2. - setelah dicatat, maka surat-surat tersebut disampaikan ke unit pengolah bersama lembar pengantarnya. - unit pengolah membubuhi paraf pada lembar pengantar. Selanjutnya lembar pengantar 1 dikembalikan kepada pencatat. Prosedur pengurusan surat masuk rahasia. Dalam menangani surat masuk yang bersifat rahasia, hanya pimpinan yang boleh membaca surat, kalau pun ada yang boleh mengetahui itu pun hanya pada orang tertentu saja yang sudah ditunjuk langsung oleh pimpinan. Penyampaian surat kepada pimpinan dalam keadaan tertutup atau masih bersampul. Langkah-langkah pengurusan surat masuk rahasia adalah sebagai berikut. • Surat rahasia diterima oleh penerima surat dan menyerahkan kepada pencatat surat. • Pencatat mencatat surat tanpa membuka sampul ke dalam lembar pengantar surat rahasia (rangkap 2) lalu menyerahkan kepada pengarah surat. • Pengarah surat memeriksa pengisian lembar pengantar dan meneruskan kepada pimpinan unit pengolah. •pimpinan unit pengolah memberi paraf pada lembar pengantar 1 dan 2. •pimpinan unit pengolah menyimpan surat dan lembar pengantar 2, lembar pengantar.
7. setelah selesai penanganan surat dengan kartu kendali,penata arsip akan menukar kartu kendali 2 dengana.buku agendab.lembar pengantarc.suratd.kartu kendali 1e.kartu kendali 3 dan tembusan
Jawaban:
a.buku agenda
Penjelasan:
maaf kalau salah
semoga membantu
8. Kartu kendali merupakan salah satu pengganti buku agenda, yang mana kartu kendali memiliki keuntungan seperti ...
Jawaban:
Kartu kendali adalah lembar isian yang digunakan untuk pencatatan,penyampaian,dan penyimpanan surat yg sifatnya penting,sehingga jika surat diperlukan dapat dengan mudah ditemukan kembali.
Penjelasan:
semoga bermanfaat;)
jadikan jawaban tercerdas ya.xixixi
9. kartu kendali merupakan kartu yang digunakan utuk mencatat
nomor listrik prabayar
10. Kartu kendali merupakan kartu yang di gunakan untuk mencatat?
Jawaban:
Kartu kendali adalah Lembar isian yang digunakan untuk pencatatan, penyampaian, dan penyimpanan surat yang sifatnya penting, sehingga bila surat diperlukan dapat dengan mudah ditemukan kembali. Pada system kartu kendali perlu dilakukan pengelompokan surat antara lain surat penting, surat rahasia dan surat biasa.
smoga membantu
11. Jelaskan Fungsi kartu kendali
Fungsi kartu kendali adalah sebagai berikut.
- Alat pengendali surat masuk dan keluar
- Alat pelacak surat
- Arsip pengganti bagi surat-surat yang masih dalam proses
- Sebagai pengganti buku agenda dan buku ekspedisi
12. apa yang dimaksud kartu kendali
Kartu kendali adalah Lembar isian yang digunakan untuk pencatatan, penyampaian, dan penyimpanan surat yang sifatnya penting, sehingga bila surat diperlukan dapat dengan mudah ditemukan kembali. Pada system kartu kendali perlu dilakukan pengelompokan surat antara lain surat penting, surat rahasia dan surat biasa.
13. Jelaskan macam-macam kartu kendali !
Kartu kendali putih digunakan sebagai arsip atau alat kontrol dan selalu dipegang oleh pengarah surat / yang mempunyai kartu itu .
Kartu kendali kuning berfungsi sebagai pengganti arsip yang masih diproses
Kartu kendali merah sebagai bukti surat sudah diterima
14. dalam penanganan surat penting masuk sistem kartu kendali, bagian yang menyimpan kartu kendali (KK) 1 adalah ???
Oleh petugas pencatat surat
15. Jelaskan kegunaan kartu kendali
digunakan untuk pencatatan, penyampaian, dan penyimpanan surat yang sifatnya penting, sehingga bila surat diperlukan dapat dengan mudah ditemukan kembali.
Posting Komentar untuk "Cara Pengisian Kartu Kendali"