Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks Drama 3 Orang Tentang Kebersihan Lingkungan


Teks Drama 3 Orang Tentang Kebersihan Lingkungan

1. Cermatilah teks berikut ! Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia, sederet film asing mengenai lingkungan hidup diputar. Film-film tersebut mengupas berbagai kasus dan kondisi bumi saat ini serta orang-orang pelestari bumi yang penuh inspirasi. Sebagian besar film tersebut menceritakan sosok yang mengabdi ssecara total kepada alam. Mereka gigih merawat kondisi bumi di lingkungan masing-masing.Ide pokok teks ulasan tersebut adalah…a. Pemutaran film dalam rangka memperingati Hari Bumi.b. Film yang mengupas proses pelestarian lingkungan.c. Film yang menceritakan pengabdian seorang pelestari Bumi.d. Cara melestarikan lingkungan yang baik2. Bacalah teks berikut!Film “Denias, Senandung di Atas Awan” karya Jhon de Rantau merupakan Film yang pantas dinikmati oleh anak-anak dan para pelajar […] Nilai-nilai tersebut adalah semangat dan perjuangan yang kuat untuk belajar dan bersekolah.Kalimat berisi keungglan film yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah… a. Film ini menampilkan keindahan alam Papuab. Film ini mengajarkan berbuat baik kepada kita.c. Film ini penuh dengan nilai-nilai moral.d. Film ini menggunakan bahasa yang menarik.3. Perhatikan kalimat berikut! Novel ini sangat cocok dibaca oleh para remaja. Novel ini mengandung banyak pelajaran-pelajaran yang bisa diambil oleh kita terutama masalah pergaulan. Para remaja masa kini sebaiknya membaca buku ini sebagai pedoman pergaulan. Unsur kebahasaan yang digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah… a. Konjungsi penyebabb. Konjungsi penerangc. Konjungsi temporald. Kalimat saranBacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 4-5! “Buanglah sampah pada tempatnya”Kalimat ini merupakan kalimat sederhana yang sering kita temui di berbagai tempat. Namaun, kalimat ini nyatanya belum bisa menjadi pemecah masalah terhadap banyaknya sampat yang menumpuk saat ini. Hal ini bisa kita lihat di sekeliling kita banyak sekali sampah-sampah yang menumpuk hingga menimbulkan pemandangan yang buruk dan bau yang tidak sedap.4. Teks tersebut termasuk teks … a.teks persuasib.teks ulasanc. teks eksposisid.teks narasi5. Kata ajakan dalam teks tersebut adalah…a. Buanglahb. namunc. pemecahd. sampah6. Bacalah teks berikut! Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa manusia lain. Maksud dari kalimat tersebut adalah setiap manusia hidup saling memilki rasa ketergantungan dan membutuhkan manusia lain dalam kehidupannya. Oleh karena itu, sebagai manusia sekaligus makhluk social kita harus saling menghormati dan menghargai perbedaan antaragama,ras, dan suku. Pada dasarnya, kita adalah sama yakni anak bangsa, bangsa Indonesia. Mari kita bahu membahu dan hidup dalam kesinambungan agar tercipta Indonesia yang damai dan aman.Teks tersebut termasuk teks persuasif… a. Pendidikanb. politikc. periklanand. propaganda7. Bacalah teks berikut! Marilah kita sama-sama dengan mengajak seluruh seluruh orang-orang terdekat kita untuk pergi ke TPS dan memilih calon presiden kita. Ingat, lima menit yang kita, akan sangat menentukan nasib bangsa ini selama lima tahun ke depan.Teks tersebut termasuk jenis persuasi…a. Propagandab. iklanc. Pendidikand. Politik8. Bacalah teks berikut! Kurangilah pemakaian plastik atau pembelian barang-barang yang berbahan palstik. Menghindari plastik dapat mengurangi volume sampah karena sampah plastik tidak bisa diurai. Selain itu, prosespembuatan plastic dapat menghasilkan asap dan polusi udara yang tinggi. Oleh sebab itu, dengan mengurangi penggunaan plastik maka kita juga bisa mencegah polusi udara. Apabila sampah-sampah telah berkurang, maka tentu saja lingkungan menjadi bersih dan sehat. Oleh karena itu marilah kita melakukan cara-cara diatas untuk mengatasi permasalahan-permasalahan sampah yang sudah sangat memperhatikan ini.Simpulan dalam teks persuasif tersebut adalah…a. Marilah mengurangi sampah untuk lingkungan menjadi bersih dan sehat.b. Kurangilah pemakaian plastik berbahan plastik.c. Apabila sampah berkurang, maka lingkungan akan menjadi bersih.d. Proses pembuatan plastik dapat menghasilkan asap dan polusi udara yang tinggi.Teks drama berikut untuk menjawab soal nomor 9-10! Edo:” Mau pergi kemana, Yuk, sore-sore begini ?”Ayuk:’’oh,aku mau pergi ke rumah tante tetapi malah hujan.”Edo:”Akhir-akhir ini hujan sering turun, ya!”Budi:” Ya, banjir pun terjadi disana sini hingga merusak lingkungan.”Ayuk:”Apa hubungannya, Bud, banjir dan orang tidak peduli lingkungan?”Budi:”Ya, penyebab banjir tidak peduli lingkungan. Manusia sering melakukan penebangan pohon di hutan. Pemerintah harusnya menindak tegas oknum yang merusak alam ini.”Ayuk:”Jangan begitulah, mungkin mereka melakukan itu karena kebutuhan ekonomi. Kasihan mereka yang memang membutuhkan.” 9. Tokoh utama dalam drama tersebut adalah…a. Budi dan Ayukb. Edo dan Ayukc. Edo dan Budid.Edo,Budi dan Ayuk10. Latar waktu yang sesuai dengan drama tersebut adalah…a.Menjelang malamb.sore haric. siang harid. pagi hariTolong dijawab kak​

Daftar Isi

1. 1. Cermatilah teks berikut ! Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia, sederet film asing mengenai lingkungan hidup diputar. Film-film tersebut mengupas berbagai kasus dan kondisi bumi saat ini serta orang-orang pelestari bumi yang penuh inspirasi. Sebagian besar film tersebut menceritakan sosok yang mengabdi ssecara total kepada alam. Mereka gigih merawat kondisi bumi di lingkungan masing-masing.Ide pokok teks ulasan tersebut adalah…a. Pemutaran film dalam rangka memperingati Hari Bumi.b. Film yang mengupas proses pelestarian lingkungan.c. Film yang menceritakan pengabdian seorang pelestari Bumi.d. Cara melestarikan lingkungan yang baik2. Bacalah teks berikut!Film “Denias, Senandung di Atas Awan” karya Jhon de Rantau merupakan Film yang pantas dinikmati oleh anak-anak dan para pelajar […] Nilai-nilai tersebut adalah semangat dan perjuangan yang kuat untuk belajar dan bersekolah.Kalimat berisi keungglan film yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang tersebut adalah… a. Film ini menampilkan keindahan alam Papuab. Film ini mengajarkan berbuat baik kepada kita.c. Film ini penuh dengan nilai-nilai moral.d. Film ini menggunakan bahasa yang menarik.3. Perhatikan kalimat berikut! Novel ini sangat cocok dibaca oleh para remaja. Novel ini mengandung banyak pelajaran-pelajaran yang bisa diambil oleh kita terutama masalah pergaulan. Para remaja masa kini sebaiknya membaca buku ini sebagai pedoman pergaulan. Unsur kebahasaan yang digarisbawahi pada kalimat tersebut adalah… a. Konjungsi penyebabb. Konjungsi penerangc. Konjungsi temporald. Kalimat saranBacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 4-5! “Buanglah sampah pada tempatnya”Kalimat ini merupakan kalimat sederhana yang sering kita temui di berbagai tempat. Namaun, kalimat ini nyatanya belum bisa menjadi pemecah masalah terhadap banyaknya sampat yang menumpuk saat ini. Hal ini bisa kita lihat di sekeliling kita banyak sekali sampah-sampah yang menumpuk hingga menimbulkan pemandangan yang buruk dan bau yang tidak sedap.4. Teks tersebut termasuk teks … a.teks persuasib.teks ulasanc. teks eksposisid.teks narasi5. Kata ajakan dalam teks tersebut adalah…a. Buanglahb. namunc. pemecahd. sampah6. Bacalah teks berikut! Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa manusia lain. Maksud dari kalimat tersebut adalah setiap manusia hidup saling memilki rasa ketergantungan dan membutuhkan manusia lain dalam kehidupannya. Oleh karena itu, sebagai manusia sekaligus makhluk social kita harus saling menghormati dan menghargai perbedaan antaragama,ras, dan suku. Pada dasarnya, kita adalah sama yakni anak bangsa, bangsa Indonesia. Mari kita bahu membahu dan hidup dalam kesinambungan agar tercipta Indonesia yang damai dan aman.Teks tersebut termasuk teks persuasif… a. Pendidikanb. politikc. periklanand. propaganda7. Bacalah teks berikut! Marilah kita sama-sama dengan mengajak seluruh seluruh orang-orang terdekat kita untuk pergi ke TPS dan memilih calon presiden kita. Ingat, lima menit yang kita, akan sangat menentukan nasib bangsa ini selama lima tahun ke depan.Teks tersebut termasuk jenis persuasi…a. Propagandab. iklanc. Pendidikand. Politik8. Bacalah teks berikut! Kurangilah pemakaian plastik atau pembelian barang-barang yang berbahan palstik. Menghindari plastik dapat mengurangi volume sampah karena sampah plastik tidak bisa diurai. Selain itu, prosespembuatan plastic dapat menghasilkan asap dan polusi udara yang tinggi. Oleh sebab itu, dengan mengurangi penggunaan plastik maka kita juga bisa mencegah polusi udara. Apabila sampah-sampah telah berkurang, maka tentu saja lingkungan menjadi bersih dan sehat. Oleh karena itu marilah kita melakukan cara-cara diatas untuk mengatasi permasalahan-permasalahan sampah yang sudah sangat memperhatikan ini.Simpulan dalam teks persuasif tersebut adalah…a. Marilah mengurangi sampah untuk lingkungan menjadi bersih dan sehat.b. Kurangilah pemakaian plastik berbahan plastik.c. Apabila sampah berkurang, maka lingkungan akan menjadi bersih.d. Proses pembuatan plastik dapat menghasilkan asap dan polusi udara yang tinggi.Teks drama berikut untuk menjawab soal nomor 9-10! Edo:” Mau pergi kemana, Yuk, sore-sore begini ?”Ayuk:’’oh,aku mau pergi ke rumah tante tetapi malah hujan.”Edo:”Akhir-akhir ini hujan sering turun, ya!”Budi:” Ya, banjir pun terjadi disana sini hingga merusak lingkungan.”Ayuk:”Apa hubungannya, Bud, banjir dan orang tidak peduli lingkungan?”Budi:”Ya, penyebab banjir tidak peduli lingkungan. Manusia sering melakukan penebangan pohon di hutan. Pemerintah harusnya menindak tegas oknum yang merusak alam ini.”Ayuk:”Jangan begitulah, mungkin mereka melakukan itu karena kebutuhan ekonomi. Kasihan mereka yang memang membutuhkan.” 9. Tokoh utama dalam drama tersebut adalah…a. Budi dan Ayukb. Edo dan Ayukc. Edo dan Budid.Edo,Budi dan Ayuk10. Latar waktu yang sesuai dengan drama tersebut adalah…a.Menjelang malamb.sore haric. siang harid. pagi hariTolong dijawab kak​


Jawaban:

9.D.edo budi dan ayuk

10.D.Pagi hari

Penjelasan:

Maaf kalo salah


2. Tulisan yang menarik perhatian yang digunakan saat kampanye berupa .... * poster surat berita pengumuman Poster memiliki dua hal yang utama yaitu . . . . * Warna dan gambar Ukuran dan warna Ukuran dan suara Gambar dan kata-kata Teks yang berisi arahan atau panduan yang baik dan jelas mengenai suatu hal disebut .... * teks petunjuk teks deskriptif teks narasi teks eksposisi Salah satu cara mengolah informasi adalah dengan membuat . . . . * teks bacaan peta pikiran naskah drama kesimpulan Gagasan pendukung pada suatu bacaan adalah . . . . * gagasan yang menjelaskan gagasan utama gagasan utama paragraf tema pendukung topik utama Gagasan pokok pada gambar berikut adalah . . . . * menghemat penggunaan energi listrik menjaga kebersihan rumah membeli televisi baru minumlah air secukupnya Kalimat yang sesuai digunakan dalam poster lingkungan adalah . . . . * Sungaiku bersih, kotaku rapi Hidup ini cuma sekali jangan gunakan untuk bermalas-malasan Dijual tanah seluas 100 m x 100 m Jangan membuang sampah baik plastik atau daun di sungai karena dapat merusak ekosistem ikan Kumpulan dari beberapa kalimat yang saling berkaitan akan membentuk . . . . * puisi drama pantun paragraf Berdasarkan gambar berikut, gagasan pokok yang sesuai dengan gambar tersebut adalah .... * manusia mengeluarkan karbondioksida matahari sumber energi panas tumbuhan mengeluarkan oksigen matahari bermanfaat bagi mahluk hidup Urutan petunjuk pemakaian kipas angin yang tepat adalah. . . . * 2-1-4-3 2-1-3-4 2-3-1-4 2-3-4-1 Petunjuk penggunaan di atas biasanya terdapat pada alat . . . . * blender mesin cuci dispenser lemari es Berikut ini yang bukan kriteria kalimat untuk membuat slogan pada poster adalah .... * mudah diingat kalimatnya panjang dan detail menarik kalimatnya pendek Berikut yang bukan gagasan pendukung pada peta pikiran berikut adalah .... * gelombang air laut dapat diubah menjadi energi listrik bahan bakar bio digunakan untuk menggantikan solar energi air dimanfaatkan sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) sumber energi alternatif Ide yang menjadi pokok pengembangan paragraf disebut . . . . * kalimat pokok gagasan penjelas kalimat penjelas gagasan pokok Selain berisi tulisan, poster juga mencantumkan .... untuk menarik perhatian orang yang membacanya. * suara wacana bunyi gambar Kalimat utama adalah kalimat yang memuat . . . . * gagasan pendukung ide penjelas inti paragraf tokoh utama Kalimat yang paling sesuai atau terkait dengan gambar berikut adalah . . . . * tidur siang baik untuk kesehatan tagihan listrik harus dibayar tepat waktu alat elektronik yang tidak digunakan seharusnya dimatikan sebelum tidur kita harus memilih tayangan televisi yang edukatif Gagasan pokok pada teks berikut adalah . . . . * burung kutilang merupakan sumber daya alam burung kutilang memiliki suara merdu warna burung kutilang kecokelatan habitat burung kutilang di kebun Hal yang perlu dilakukan untuk membuat ringkasan adalah . . . . * mencatat pokok-pokok teks membuat daftar pertanyaan menulis semua kalimat mencatat kalimat awal paragraf Agar kita bisa menentukan gagasan utama dari teks lisan, kita harus . . . . setiap paragraf yang dibacakan. membaca mengamati mencatat mendengarkan


Jawaban:

poster

gambar dan kata-kata

teks deskriptif

kesimpulan

tema pendukung


3. Please jawab yng benar ya... 1.Karangan di bawah ini yang termasuk ke dalam teks deskripsi adalah . . . a. Sifatnya sangat manja, selalu saja membuatku gemas dengan tingkah lakunya, hampir setiap hari ia menggangguku, begitulah perilaku kucing kesayanganku. b. Bu guru selalu saja menasehatiku untuk mentaati tata tertib, rambutku yang sudah mulai panjang harus dipotong dan dirapihkan, bajuku yang warnanya sudah mulai memudar harus segera diganti dengan seragam yang baru. Sebagai murid yang baik aku harus mematuhi tata tertib sekolah. c. Namanya Mirna, ia adalah teman sekelasku, rambutnya hitam panjang kulitnya putih cerah mirip sekali orang keturunan Thionghoa. Dia anak yang manja, temanku yang baik hati karena hampir setiap hari ia berbagi bekal makan siangnya denganku. Senang sekali aku berteman dengannya. d. Dibelakang halam rumahku tumbuh pohon mangga, buahnya manis dan sangat harum. Teman-teman yang berkunjung ke rumah senang sekali membuatnya sebagai pelengkap rujak. 2.Bagas sangat manja. Hampir tiap malam, Bagas tidur diujung kakiku. Sebelum kuelus-elus, dia akan selalu menggangguku. Kalau waktunya makan, dia berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan telinganya yang panjang. Mulutnya berkomat-kamit seperti seorang sedang berdoa. Kemanjaannya membuat aku selalu rindu. Aspek yang dideskripsikan itu berkenaan dengan . . . . a. Fisik tokoh.​ b. Kehidupan tokoh.​ c. Sifat tokoh.​ d. Lingkungan tokoh. 3.Perhatikan kalimat berikut! 1) Ibu membeli seragam putih biru di toko Makmur. 2) Di halaman banyak sekali buah mangga berjatuhan 3) Kakek Ahmad senang sekali berternak unggas. 4) Semua umat muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri. 5) Bu Ani membeli alat potong untuk membuat kerajinan tangan. Kalimat di atas yang memiliki kata khusus adalah . . . . a. 1, 2, 3​​ b. 1, 3, 4​​ c. 1, 2, 4​​ d. 2, 4, 5 4.Kalimat di bawah ini yang memiliki kata khusus adalah . . . . a. Ayah membawa oleh-oleh baju kesukaanku. b. Pak Dadang memikul karung beras yang sangat berat. c. Ibu melihat adik sedang bermain di halaman. d. Hari Pak Warno sayang sekali dengan hewan peliharaannya. 5.Kalimat yang memiliki kata khusus adalah.... a. Hampir setiap hari aku membawa bekal kesekolah. b. Kakakku senang sekali melihat film drama Korea. c. Negara Indonesia merupakan kepulauan maritim. d. Wali kelas meminta kami untuk membeli alat-alat kebersihan kelas. 6.Kalimat yang merupakan kata khusus dari kata melihat adalah . . . . a. Saya sedang berbicara dengan Pak Presiden. b. Tukang beras itu sedang memikul beras menuju rumahku. c. Pak Ahmad terlihat kelelahan membawa karung beras itu. d. Aku hanya bisa menatap dengan penuh heran? 7.Kalimat yang memiliki kata umum adalah...... a. Adikku memiliki jalan hidup sebagai vegetarian sehingga di halaman rumah kami banyak ditanami kangkung, bayam, sawi, dan kubis. b. Suku jawa, sunda, batak, dan dayak merupakan beberapa nama-nama suku yang ada di Indonesia. c. Negara Cina mendapatkan medali emas terbanyak saat ada ASIAN games. d. Berbagai sayuran berhasil ditanam dan memberikan hasil panen yang cukup maksimal. 8. “Saya tidak sependapat dengan anda!” teriak Desi saat berdiskusi dengan Rahmat. Kata khusus dari sependapat adalah . . . a. Searah.​​ b. Setuju.​​ c. Suka.​​ d. Sukar.


Jawaban:

1. c. Namanya Mirna, ia adalah teman sekelasku, rambutnya hitam panjang kulitnya putih cerah mirip sekali orang keturunan Thionghoa. Dia anak yang manja, temanku yang baik hati karena hampir setiap hari ia berbagi bekal makan siangnya denganku. Senang sekali aku berteman dengannya.

2. b. Kehidupan tokoh.

3. a. 1, 2, 3

4. b. Pak Dadang memikul karung beras yang sangat berat.

5. b. Kakakku senang sekali melihat film drama Korea.

6. c. Pak Ahmad terlihat kelelahan membawa karung beras itu.

7. a. Adikku memiliki jalan hidup sebagai vegetarian sehingga di halaman rumah kami banyak ditanami kangkung, bayam, sawi, dan kubis.

8. b.setuju

Penjelasan:

teks deskripsiadalah paragraf yang berisi penggambaran suatu obyek, tempat, atau peristiwa tertentu kepada pembaca secara jelas dan terperinci.

kata khusus adalah kata yang mempunyai cakupan yang terbatas dankata tidak bisa terperinci ataupun dijabarkan kembali. 

Semoga membantu


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Teks Drama 3 Orang Tentang Kebersihan Lingkungan"