Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puisi Matematika Kehidupan


Puisi Matematika Kehidupan

puisi tentang matematika kehidupan​

Daftar Isi

1. puisi tentang matematika kehidupan​


Jawaban:

Ragaku terus berotasi disini

tapi serasionalnya aku ingin pergi

pergi dan takkan pernah ku tengok lagi

karena perih terlanjur mensubstitusi

di tempat ini hitam mendominasi

di tempat ini kelam mengeliminasi

bagai relasi tanpa fungsi

bagai subgrup tak berpenghuni

Tuhan,

sampai kapan aku dapat bertahan

bertahan dari bilangan hinaan

hingga merasa vektor hidup ini nyaman

Tuhan,

bantu elemen temukan himpunan

himpunan yang dapat menghargai

hingga elemen dapat tersenyum kembali

wahai penguasa hati

definisikan aku keikhlasan

agar aku tahu cara bersabar

mengharap setetes linier kebahagian

atau teoremakan aku kebencian

agar tak kenal fungsi memaafkan

sampai titik stasioner tinggi menjulang

sampai tak satupun mereka kan ku kenang.

Semoga Membantu


2. Perhatikan narasi berikut untuk membuat daftar Riwayat hidup! Namaku Calista Salsabila Alyandro. Saat ini saya berumur 12 tahun. Saya lahir di Denpasar pada tanggal 13 Juli 2009. Saya beragama Islam dan berkebangsaan Indonesia. Alamat tempat tinggal saya saat ini adalah di Jalan Anyelir No.12a, Ciracas, Jakarta. Ketika saya berumur lima tahun, saya sekolah di TK Matahari (lulus tahun 2015), setahun kemudian saya sekolah di SD Harapan Bunda sampai sekarang. Saya pernah juara I lomba cerdas cermat matematika pada tahun 2019, pada tahun yang sama saya juga juara I lomba puisi, juara I lomba menyanyi tingkat kecamatan pada tahun 2018. Kegiatan saya saat ini, yaitu anggota koperasi sekolah, anggota UKS, kursus bahasa asing yaitu bahasa Inggris dan Jepang, dan kursus musik.Buatlah formulir daftar riwayat hidup sesuai dengan narasi di atas! ​


Riwayat hidup

Nama : Calista Salsabila Alyandro

Umur : 12 tahun

Tempat/Tanggal lahir : Denpasar pada tanggal : Denpasar pada tanggal 13 Juli 2009

Agama : Islam

Alamat : Jalan Anyelir No.12a, Ciracas, Jakarta

Pernah sekolah di : TK Matahari , SD Harapan Bunda (sampai sekarang)

Prestasi : juara I lomba cerdas cermat matematika pada tahun 2019. Danmatematika pada tahun 2019, Dan juara I lomba menyanyi tingkat kecamatan pada tahun 2018

Kegiatan saat ini : menjadi anggota koperasi, anggota UKS,dan kursus

bahasa asing


3. 5. Buatlah teks narasi dari daftar riwayatberikut!Riwayat HidupNama Lengkap : Komang WulandariUmur: 12 tahunTempat, Tanggal Lahir : Denpasar, 13 Juli 2006Bangsa: Warga Negara IndonesiaAgama: HinduAlamat Rumah: Jl. Anyelir No. 12a, Ciracas,JakartaMenerangkan dengan sesungguhnya:Pendidikan:1. TK Matahari, dari tahun 2011-20122. SD Erlangga, dari tahun 2013-sekarangPrestasi:1. Juara 1 lomba cerdas cermat Matematika, tahun20182. Juara 1 puisi, tahun 20183. Juara 1 lomba menyanyi tingkat kecamatan,tahun 2017Kegiatan:1. Anggota Koperasi Sekolah2. Anggota UKS3. Kursus bahasa asing, yaitu bahasa Inggris danJepang4. Kursus musikJakarta, 15 Juli 2018Komang(Komang Wulandari)​


Jawaban:

Komang Wulandari adalah siswi yang cukup berprestasi dibeberapa bidang. Komang merupakan warga negara Indonesia yang beragama Hindu seperti mayoritas masyarakat pulau Bali karena ia lahir di Denpasar. Siswi kelahiran 2006 ini pernah menorehkan juara saat berkompetisi seperti juara 1 pada lompa cerdas cermat matematika dan lomba puisi pada tahun 2018. Ia juga pernah menjuarai lomba menyanyi tingkat kecamatan pada 2017 lalu.

Rupanya Komang merupakan siswi yang cukup aktif disekolahnya. Ia berpartisipasi sebagai anggota koperasi sekolah, anggota uks, bahkan ia juga mengikuti kursus bahasa asing. Tidak tanggung tanggung, ia mengikuti kursus bahasa inggris dan jepang diusianya yang masih tergolong muda yaitu 12 tahun. Komang pernah mengenyam pendidikan di TK Matahari dan dilanjutkan di sekolah dasar Erlangga. Kini Komang tinggal di kota Ciracas, Jakarta.

Terimakasih, maaf kalau ada kekeliruan. Semoga membantu.


4. Bertukar TempatCerita Anak ini diimuat di majalah Bobo No.51/XXXVI, 26 Maret 2009Oleh Eko HartonoDina dan Dini adalah saudara kembar. Wajah mereka sangat mirip. Model rambut mereka juga sama. Apalagi mereka sering memakai pakaian yang sama. Walaupun begitu, sifat mereka agak berbeda. Dina agak pemalu dan pendiam. Ia pintar di kelas. Sementara Dini lincah dan banyak bicara. Di kelas prestasinya sedang-sedang saja.Dini dan Dina bersekolah di tempat yang berbeda. Mama papa mereka ingin mereka memiliki pengalaman dan teman yang berbeda. Mereka juga tak ingin guru dan teman-teman di sekolah bingung membedakan Dina dan Dini.Suatu malam ketika sedang belajar di kamar, tiba-tiba Dini berkata pada Dina. “Eh, Na. Besok kita tukaran tempat yuk!”“Tukaran tempat bagaimana maksudmu?” tanya Dina tak mengerti.“Kamu nanti masuk ke sekolahku dan aku masuk sekolahmu. Kita tukaran seragam dan tas sekolah. Aku yakin orang-orang tidak akan tahu. Aku ingin merasakan bagaimana suasana belajar di sekolahmu.”“Ah, takut ketahuan, Ni! Lagi pula aku tidak kenal teman-temanmu dan guru-gurumu,” kata Dina panik.“Tenang saja! Nanti aku kasih tahu, siapa nama teman-temanku di kelas dan siapa guru-guruku. Kamu tenang saja. Pokoknya, pasti asyik, deh!”Karena terus dibujuk saudaranya, akhirnya Dina setuju.Pagi itu, Dini dan Dina buru-buru berangkat ke sekolah. Mereka tak mau rencana mereka ketahuan Mama. Sesuai rencana yang telah disepakati, Dina berangkat ke sekolah Dini. Dan begitu sebaliknya.Ketika memasuki ruang kelas, Dina berpapasan dengan teman-teman Dini. Mereka menyapanya. Dina membalas sapaan mereka. Tidak ada seorang pun yang curiga. Ternyata teman-teman Dini berhasil dikecohnya. Dina duduk di bangku yang biasa diduduki Dini.“Ni, kamu sudah bikin PR, belum?” Tiba-tiba seorang anak perempuan yang memakai pita merah bertanya. Dia pasti Riana, batin Dina.“PR apa?” tanya Dina, karena ia memang tidak tahu. Dini tidak memberitahu kalau ada PR.“PR Matematika. Masak lupa?”“Oh ya.” Dina buru-buru membuka tas dan memeriksa buku PR matematika Dini. Ternyata Dini belum mengerjakan PR.Huh, Dini rupanya ingin mengerjai aku. Dia minta aku menggantikan tempatnya, karena dia belum mengerjakan PR. Untung Riana mengingatkannya. Dina mulai jengkel pada Dini.Terpaksa Dina mengerjakan PR Dini. Ketika bel tanda masuk berbunyi, PR matematika itu sudah selesai dikerjakannya. Dina berharap, tidak ada lagi kejadian yang bikin hatinya kesal. Dia juga berharap jam sekolah segera berakhir. Ia ingin buru-buru marah pada Dini.Akan tetapi, harapannya tidak terkabul. Pada jam pelajaran Bahasa Indonesia, tiba-tiba Dina diminta maju ke depan oleh Pak Guru. Dengan agak gugup dan bingung Dina melangkah ke muka kelas. Dia berdiri di hadapan teman-temannya.“Kemarin kan, kamu tidak membuat PR Bahasa Indonesia. Dan sebagai hukuman, Bapak kemarin memberimu tugas membuat puisi. Apa sudah kamu bikin? Sekarang, ayo bacakan puisi karya kamu itu!” ujar Pak Guru tegas.Ya, ampun! Kok jadinya begini, gerutu Dina dalam hati.Tiba-tiba Dina sadar, kalau Dini sebenarnya sedang mengerjai dirinya. Dini sengaja mengajak bertukar tempat karena dia malas dan tidak mau mengerjakan tugasnya. Untunglah Dina suka menulis puisi. Dengan mudah ia menciptakan puisi dadakan.Pulang dari sekolah, Dina tak bisa menahan diri lagi. Ia langsung marah-marah pada Dini. Juga melaporkan perbuatan Dini kepada Mama.Mama akhirnya menegur Dini. Walaupun begitu, Dina juga kena teguran.“Lo, Mama, kok, marah sama Dina juga? Dina kan sudah jadi korban perbuatan Dini,” kata Dina membela diri.“Kamu juga salah! Kalau kamu tidak menerima ajakan Dini, tentu kejadian ini tak akan terjadi. Kalian telah bekerja sama melakukan kebohongan. Ingat, berbohong itu bukan hanya merugikan orang lain, tapi juga diri sendiri. Orang yang suka berbohong tidak akan dipercaya orang lain!” tegas Mama.“Maafkan Dina, Ma. Dina janji tidak akan mau diajak berbohong lagi!”“Dan kamu Dini. Kalau ada kesulitan atau masalah, jangan dipendam sendiri. Apalagi dibebankan pada orang lain. Itu namanya tidak bertanggung jawab. Lebih baik berterus terang dan tak perlu malu untuk meminta tolong. Mengerti?” ujar Mama kepada Dini.Dini mengangguk. Ia merasa bersalah dan menyesal. Dia berjanji tidak akan mengulangi perbuatan seperti ini lagi! (*)pertanyaan:1 .apa tema cerita pendek tersebut?2 apakah tema seperti itu mungkin terjadi dalam kehidupan sehari-harimu?3. berdasarkan teknik kepengarangannya cerita pendek tersebut tergolong cerita pendek jenis apa?4. cerita pendek tersebut menggunakan sudut pandang penceritaan jenis apa? tunjukkan bukti buktinya5. apakah akhir cerita pendek tersebut dibiarkan mengambang atau sudah memiliki kejelasan ?


1.kejujuran
2.mungkin
3......
4.orang ketiga serba tahu itu dibuktikan karena ceritanya menggunakan nama seseorang
5.sudah memiliki kejelasan

5. Penulis: Andrea Hirata Penerbit: Bentang Pustaka Tahun Pertama terbit: 2005 Jumlah Halaman: 529  Secara garis bersar, novel ini bercerita kehidupan kanak-kanak beberapa bocah di Belitong. Andrea Hirata memulainya dengan kisah miris dunia pendidikan di Indonesia dimana sebuah sekolah yang keurangan murid hendak ditutup. Sekolah tersebut adalah SD Muhammadiyah di Gantung Belitung Timur. Namun, karena murid yang terdaftar genap 10, sekolah dengan bangunan seadanyatersebut tetap diijinkan beraktifitas seperti biasanya. Ke-sepuluh murid tersebut adalah para laskar pelangi. Nama yang diberikan guru mereka bernama Bu Mus, oleh karena kegemaran mereka terhadap pelangi. Siapa saja mereka?              Tokoh dalam novel ini adalah Ikal, Lintang, Sahara, Mahar, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek, Trapani, dan juga Harun. Mereka adalah sahabat yang kisahnya memesona dunia lewat tangan dingin sang penulis. Buku laskar pelangi bercerita keseharian mereka di sekolah dan di lingkungan sosial. Mereka adalah anak-anak desa dengan tekad luar biasa. Perjalanan mereka dipenuhi kejadian yang tak terduga. Secara perlahan mereka menemukan keunggulan ddalam diri dan persahabatan. Ini mungkin yang menjadi titik fokus Andrea Hirata. Ia juga piawai menyisip komedi dalam kisah ini.              Sudut pandang bercerita dalam novel ini menggunakan orang pertama yakni “aku”. Aku sendiri adalah si Ikal. Ia anak yang pandai meski berada di urutan kedua setelah Lintang, bocah terpandai di dalam kelas mereka. Si Ikal ini menaruh minat yang besar pada sastra. Hal ini terlihat dari kegemarannya menulis puisi. Lain lagi dengan tokoh Lintang. Ia digambarkan sebagai anak yang sangat jenius. Orangtuanya seorang nelayan, yang miskin dan hanya tidak memiliki perahu. Mereka memiliki keluarga dalam jumlah yang melimpah, 14 kepala. Lintang sangat suka matematika. Namun, cita-citanya menjadi seorang ahli matematika harus terpangkas dengan tuntutan membantu orangtua menafkahi keluarga. Terlebih saat ayahnya meninggal.Tokoh lainnya adalah Sahara. Ia merupakan anak perempuan satu-satunya dalam cerita ini. Ia berpendirian kuat dan cenderung keras kepala. Sementara itu, Mahar, ia digambarkan bertubuh ceking dan mencintai seni. Ia suka menyanyi dan gemar pada okultisme. Tokoh berikutnya adalah A kiong. Dari namanya sangat jelas kalau ia merupakan keturunan Tionghoa. Ia sangat menyukai Mahar dan mengikutinya kemanapun. Ia digambarkan tak rupawan tetapi hatinya “tampan”.             Lanjut ke Syahdan. Perangainya ceria meski ia tak pernah menonjol dalam kelas. Sementara itu Kucai, adalah tokoh dalam cerita yang didaulat menjadi ketua kelas. Ia digambarkan menderita penyakit rabun jauh sebab ia kekurangan gizi. Borek, Trapani dan Harun adalah anggota laskar` pelangi yang terakhir. Borek digambarkan sebagai anak yang terobsesi dengan otot. Ia ingin menjadi lelaki yang paling macho. Trapani, ia tampan dan pandai. Ia lengket dengan sang ibu. Terakhir, Harun. Ia istimewa sebab ia berbeda dengan anak-anak lainnya. Ia mengalami keterbelakangan mental. Namun menurut beberapa orang, tokoh Harun ini digambarkan dengan cukup manis sehingga banyak yang jatuh cinta pada sosoknya.              Novel laskar pelangi berkisah perjuangan hidup kesepuluh anak ini menghidupkan cita-cita di antara kehidupan mereka yang berat. Ada dinamika di dalamnya. Manis meski berat. Kisah khas anak-anak yang memandang dunia dengan ambisi yang sederhana. Andrea Hirata, meski banyak dihujat sebab mengklaim cerita ini nyata, memang terkesan berlebihan dalam beberapa hal. Namun toh, sebagai novel pembangun, Laskar Pelangi berhasil merubah secuil dunia pendidikan kita, merecharge semangat mereka yang lain untuk meraih ilmu.              begitu banyak hal menakjubkan yang terjadi dalam masa kecil para anggota laskar pelangi. sebelas orang anak melayu belitong yang luar biasa ini tak menyerah walau keadaan tak bersimpati pada mereka. tengoklah lingtang, seorang kuli kopra kecil yang genius dan dengan senang hati bersepeda 80km pulang pergi untuk memuaskan dahaganya akan ilmu, bahkan terkadang, hanya menyanyikan lagu padamu negeri diakhir jam sekolah. atau mahar, seorang pesuruh tukang parut kelapa sekaligus seniman dadakan yang imajinatif, tak logis, kreatif, dan sering diremehkan sahabat-sahabatnya, namun berhasil mengangkat derajat sekolah kampung mereka dalam karnaval 17 agustus. dan juga sembilang orang laskar pelangi lainyang begitu bersemangat dalam menjalani hidup dan berjuang meraih cita-cita.kemukakan isi novel LASKAR PELANGI ! Gunakan pertanyaan2 berikut:a. siapakah tokoh2 dalam cerita tersebut? Bagaimana wataknya?b.Apa temanya?c. Bagaimana latar dan alur ceritanya?d. Peristiwa apa saja yang dialami tokoh-tokoh tersebut?e. Apa yang menarik dalam cerita tersebut?f. Bagaimana pesan dan amanat cerita tersebut?


tokoh-tokoh:
- aku / Ikal
cerdas dan pemerhati.
- Mahar
kreatif, cerdas, dan imajinatif
- Lintang
berkemauan keras untuk belajar, cerdas, dan pantang menyerah
- Trapani
baik hati namun agak sedikit manja
- Kucai
tegas dan berwibawa
- Sahara
keras dan memiliki prinsip yang kuat
- A Kiong
baik hati serta memiliki rasa solidaritas yang tinggi
- Harun
pantang menyerah
- Borek
Berwatak keras dan sangat terobsesi dengan otot. 

Temanya : PERSAHABATAN

Latar Tempat:
Di Sekolah Dasar Muhammadiyah (Hirata, 6 : 2006), Di bawah Pohon (Hirata, 159 : 2006), Di dalam Gua (Hirata, 396 : 2006)
Latar suasana :
menyenangkan, menegangkan, dan juga mengharukan.

Alur cerita : ALUR MAJU

Peristiwa yang dialami:
1) Tahap situasi
Ketika hari pertama pembukaan pendaftaran siswa SD Muhammadiyah gantong, SD tua tersebut harus tutup apabila tidak memenuhi kuota sebanyak minimal 10 siswa. Pada saat hampir pengumuman akan ditutup, tiba-tiba munculah Harun yang mendaftarkan diri. Dengan adanya Harun, SD Muhammadiah Gantong terselamatkan.

2) Tahap Pemunculan Konflik
Pemunculan konflik adalah ketika Bu Muslimah berjuang dengan keras bserta anak-anak laskar pelangi dalam menjalani aktivitas pembelajaran di sekolah yang serba terbatas dan penuh dengan rintangan. Lintang yang harus bersepeda berpuluh-puluh kilo meter dan sering kali dihadang oleh buaya besar demi mencapai sekolahnya agar bisa belajar. Bu Muslimah rela berhujan-hujanan dengan daun pisang yang menutupi kepalanya demi untuk mengajar anak-anak Laskar Pelangi.

3) Tahap Peningkatan Konflik
Ketika Mahar dan Lintang mengikuti perlombaan cerdas cermat. Pada saat itu SD Muhammadiyah mampu mengalahkan sekolah milik PN Timah.

4) Tahap Klimaks
Pada saat Lintang harus berhenti sekolah karena desakan ekonomi keluarga. Ayahnya meninggal, Lintang harus menggantikan ayahnya menjadi tulang punggung keluarga.

5) Tahap Penyelesaian
Pada saat runtuhnya perusahaan tambang Timah dan akhir cerita yang membahagiakan yang terjadi pada kesepuluh orang anak Laskar Pelangi.

Yang menarik dalam cerita tersebut adalah cerita tersebut merupakan pengalaman penulis novel itu sendiri yang diungkapkan dengan cara bercerita yang membuat pembaca penasaran dengan kelanjutan cerita per bab yang disajikan.

pesan dan amanat dari cerita;
1) Jangan mudah menyerah dan putus asa dengan keadaan
2) Bermimpi dan bercita-citalah yang tinggi


6. 1. Perhatikan paragraf berikut ini! Untuk itu pembelajaran menulis puisi bisa di mulai dengan apersepsi berupa video cuplikan film romantis atau video mengenai keindahan alam. Sisihkan waktu sekira 10 menit untuk siswa siswi kita menyelami keindahan yang terkandung dalam tayangan tersebut. Jika minat mereka sudah fokus, ajukan pertanyaan mengenai perasaan mereka setelah menonton video. Kemudian suruh mereka menulis "rasa" tersebut kedalam sebuah kata yang bisa mewakili penginderaan mereka. Maka anak didik kita sudah mempunyai ide atau tema untuk mulai menulis puisi...Maksud kata "rasa" dalam bacaan adalah..A. Pertimbangan baik atau burukB. Tanggapan indra terhadap rangsangC. EmosiD. Tanggapan hati terhadap sesuatuE. Apa yabg di alami oleh badan2. Perhatikan cuplikan teks editorial berikut ini!Padanan2 kata macam "C!yuz m! 4p?" Atau "j4d! W hrz b1@ng wow g3th0." Sudah beredar luas di keseharian mereka, baik dalam bahasa tulis maupun lisan. Kebiasaan ini muncul sebagai dampak dari kencangnya arus globalisasi, yang menuntut segala sesuatu menjadi serba cepat dan instan.Jargon yang terkandung dalam teks di atas berkenaan dengan bidang....A. KebahasaanB. GlobalisasiC. BahasaD. ModernitasE. Kehidupan yang alayF. Sosiologi3. Perhatikan teks berikut ini!Dari mulai sini lah, kita sebagai guru harus menerapkan sikap yang berbeda terhadap murid murid era baru ini. Kita harus mampu mengelola dengan segala kelebihannya. Tertangkap pada murid bahwa cara berfikir mereka telah hampir sama dengan kemampuan mahasiswa. Sesekali berilah anak didik kita soal logika yang sulit. Tetapi kita memberikan tugas tersebut, sampaikan bahwa tugasnya sulit dan bahwa tugas tersebut tidak mungkin di selesaikan secara sempurna oleh siapa pun , termasuk oleh kita. Katakan pula bahwa mereka dapat lebih memperlihatkan kelebihannya itu.Istilah istilah yang muncul dalam bacaan sering digunakan pada bidang ...A. BahasaB. MatematikaC. KognitisD. PendidikanE. Akademis4. Istilah hukuman di bawah ini yang bukan berasal dari bidang pidana adalah...A. Siswa yang melebihi kesempatan yang di beri untuk menyelesaikan pekerjaan, perlu diterapkan cara yang tepat dalam memberikan hukuman. B. Dalam ayat 365 KUHP telah di jelaskan hukuman yang sesuai bagi pelanggarnya.C. Seharusnya Mentri Hukum dan HAM mencabut remisi hukuman terhadap koruptor. D. Hukuman yang paling pantas di berikan kepada oknum petugas yang melanggar diberhentikannya secara tidak hormat.E. Selalu muncul cerita cerita pedih bagi pelaku pelaku kejahatan yang menerima hukuman di penjara.5. Perhatikan tajuk rencana berikut.News room yang menggunakan istilah "lumpur sidoarjo" atau "lumpur lapindo" masing masing tentu punya motif dan agenda di balik di pelabelan lumpur itu. Pemberian istilah dalam media tidak bebas nilai karena news room tidak steril dari ideologi dan kepentingan. Cuma yang menjadi pertanyaan, apakah pengistilahan itu memihak kelompok tertindas atau mereka yang tidak mempunyai akses ke media atau malah condong ke pemilik modal yang dengan kapitalnya dapat berkuasa dan membuat agenda media sendiri sesuai versinya? Makna kritikan penulis teks editorial tersebut di tunjukan kepada..A. Media cetak dan media elektronikB. Kelompok tertindas dan mereka yang tidak punya akses ke media C. pemilik modal dan media elektronik D. Kelompok tertindas dan pemilik modal E. News room dan media cetak6. Perhatikan teks berikut!Selain itu kelas juga merupakan sebuah kelompok. Maka agar suasana kelas menjadi cair dan penuh motivasi, perlu di bangun kerja sama yang positif. Sisihkan beberapa menit di dalam kelas waktu untuk membangun keakraban kelas sudah saatnya guru menghindarkan pencipta kompetensi yang berat juga dapat membangun sikap egoisme dan tak acuh. Sebaliknya, terangkan kepada siswa bahwa seisi kelas merupakan calon pemimpin masa depan yang akan saling membutuhkan satu sama lain. Dengan begitu,seorang siswa dengan siswi lainnya dapat saling menularkan motivasi positif..Ungkapan yang bermakna konotatif dalam teks adalah...A. Guru menghindarkan penciptaan kompetensiB. Seisi kelas merupakan pemimpin masa depan C. Kelas juga merupakan sebuah kelompokD. Suasana kelas menjadi cair dan penuh motivasiE. Kompetisi mengakibatkan kecemasan Tolong bantu jawab ya kak?​


Jawaban:

1. c. emosi

2. f. sosiologi

3. a. bahasa

4. d. hukuman yang paling pantas di berikan kepada oknum petugas yang melanggar diberhentikannya secara tidak hormat.

5. d. kelompok tertindas dan pemilik modal

6. e. kompetisi mengakibatkan kecemasan


7. Penulis: Andrea Hirata Penerbit: Bentang Pustaka Tahun Pertama terbit: 2005 Jumlah Halaman: 529  Secara garis bersar, novel ini bercerita kehidupan kanak-kanak beberapa bocah di Belitong. Andrea Hirata memulainya dengan kisah miris dunia pendidikan di Indonesia dimana sebuah sekolah yang keurangan murid hendak ditutup. Sekolah tersebut adalah SD Muhammadiyah di Gantung Belitung Timur. Namun, karena murid yang terdaftar genap 10, sekolah dengan bangunan seadanyatersebut tetap diijinkan beraktifitas seperti biasanya. Ke-sepuluh murid tersebut adalah para laskar pelangi. Nama yang diberikan guru mereka bernama Bu Mus, oleh karena kegemaran mereka terhadap pelangi. Siapa saja mereka?              Tokoh dalam novel ini adalah Ikal, Lintang, Sahara, Mahar, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek, Trapani, dan juga Harun. Mereka adalah sahabat yang kisahnya memesona dunia lewat tangan dingin sang penulis. Buku laskar pelangi bercerita keseharian mereka di sekolah dan di lingkungan sosial. Mereka adalah anak-anak desa dengan tekad luar biasa. Perjalanan mereka dipenuhi kejadian yang tak terduga. Secara perlahan mereka menemukan keunggulan ddalam diri dan persahabatan. Ini mungkin yang menjadi titik fokus Andrea Hirata. Ia juga piawai menyisip komedi dalam kisah ini.              Sudut pandang bercerita dalam novel ini menggunakan orang pertama yakni “aku”. Aku sendiri adalah si Ikal. Ia anak yang pandai meski berada di urutan kedua setelah Lintang, bocah terpandai di dalam kelas mereka. Si Ikal ini menaruh minat yang besar pada sastra. Hal ini terlihat dari kegemarannya menulis puisi. Lain lagi dengan tokoh Lintang. Ia digambarkan sebagai anak yang sangat jenius. Orangtuanya seorang nelayan, yang miskin dan hanya tidak memiliki perahu. Mereka memiliki keluarga dalam jumlah yang melimpah, 14 kepala. Lintang sangat suka matematika. Namun, cita-citanya menjadi seorang ahli matematika harus terpangkas dengan tuntutan membantu orangtua menafkahi keluarga. Terlebih saat ayahnya meninggal.Tokoh lainnya adalah Sahara. Ia merupakan anak perempuan satu-satunya dalam cerita ini. Ia berpendirian kuat dan cenderung keras kepala. Sementara itu, Mahar, ia digambarkan bertubuh ceking dan mencintai seni. Ia suka menyanyi dan gemar pada okultisme. Tokoh berikutnya adalah A kiong. Dari namanya sangat jelas kalau ia merupakan keturunan Tionghoa. Ia sangat menyukai Mahar dan mengikutinya kemanapun. Ia digambarkan tak rupawan tetapi hatinya “tampan”.             Lanjut ke Syahdan. Perangainya ceria meski ia tak pernah menonjol dalam kelas. Sementara itu Kucai, adalah tokoh dalam cerita yang didaulat menjadi ketua kelas. Ia digambarkan menderita penyakit rabun jauh sebab ia kekurangan gizi. Borek, Trapani dan Harun adalah anggota laskar` pelangi yang terakhir. Borek digambarkan sebagai anak yang terobsesi dengan otot. Ia ingin menjadi lelaki yang paling macho. Trapani, ia tampan dan pandai. Ia lengket dengan sang ibu. Terakhir, Harun. Ia istimewa sebab ia berbeda dengan anak-anak lainnya. Ia mengalami keterbelakangan mental. Namun menurut beberapa orang, tokoh Harun ini digambarkan dengan cukup manis sehingga banyak yang jatuh cinta pada sosoknya.              Novel laskar pelangi berkisah perjuangan hidup kesepuluh anak ini menghidupkan cita-cita di antara kehidupan mereka yang berat. Ada dinamika di dalamnya. Manis meski berat. Kisah khas anak-anak yang memandang dunia dengan ambisi yang sederhana. Andrea Hirata, meski banyak dihujat sebab mengklaim cerita ini nyata, memang terkesan berlebihan dalam beberapa hal. Namun toh, sebagai novel pembangun, Laskar Pelangi berhasil merubah secuil dunia pendidikan kita, merecharge semangat mereka yang lain untuk meraih ilmu. begitu banyak hal menakjubkan yang terjadi dalam masa kecil para anggota laskar pelangi. sebelas orang anak melayu belitong yang luar biasa ini tak menyerah walau keadaan tak bersimpati pada mereka. tengoklah lingtang, seorang kuli kopra kecil yang genius dan dengan senang hati bersepeda 80km pulang pergi untuk memuaskan dahaganya akan ilmu, bahkan terkadang, hanya menyanyikan lagu padamu negeri diakhir jam sekolah. atau mahar, seorang pesuruh tukang parut kelapa sekaligus seniman dadakan yang imajinatif, tak logis, kreatif, dan sering diremehkan sahabat-sahabatnya, namun berhasil mengangkat derajat sekolah kampung mereka dalam karnaval 17 agustus. dan juga sembilang orang laskar pelangi lainyang begitu bersemangat dalam menjalani hidup dan berjuang meraih cita-cita.kemukakan isi novel LASKAR PELANGI ! Gunakan pertanyaan2 berikut:a. siapakah tokoh2 dalam cerita tersebut? Bagaimana wataknya?b.Apa temanya?c. Bagaimana latar dan alur ceritanya?d. Peristiwa apa saja yang dialami tokoh-tokoh tersebut?e. Apa yang menarik dalam cerita tersebut?f. Bagaimana pesan dan amanat cerita tersebut?


tokoh-tokoh dalam cerita tersebut adalah
Andrea Hirata,Ikal,Lintang,Sahara,Mahar,A kiong,Syahdan,Kucai,Borek,Trapani,dan Harun.

Wataknya adalah
Andrea Hirata wataknya kreatif
Ikal Wataknya pandai
Lintang wataknya pandai dan rajin
Sahara wataknya keras kepala
Mahar wataknya kreatif
A kiong wataknya baik dan memiliki wajah yang tampan
Syahdan wataknya selalu ceria
Kucai wataknya bijaksana
Borek wataknya lelaki yang macho
Trapani wataknya pandai
Harun wataknya sabar dan pantang menyerah

Temanya adalah
Novel Laskar Pelangi

Latar ceritanya adalah
Latar tempat:di sebuah sekolah yang bernama SD Muhammadiyah di Gantung,Belitung Timur
Latar Waktu:Siang Hari
Latar Suasana:Cerah
Alurnya:Maju

Peristiwa yang dialami tokoh tersebut adalah
imajinatif,tak logis,kreatif,dan sering diremehkan sahabatnya

Yang menarik dalam cerita tersebut adalah
Bila ada sesuatu yang baru hendaklah mencobanya.

Pesan atau amanat nya adalah
Jangan pernah meremehkan hal yang baru dan segeralah untuk mencobanya.

Maaf kalo jawabannya salah

8. Bacalah cerita berikut ini! Tegar tidak kuasa menahan tangisnya ketika menuturkan kondisi keluarganya. Ia sengaja keluar dari sekolah. Ia tidak memiliki biaya untuk sekolah. Ia harus membiayai dirinya dan sang ibu. Keinginan Tegar sebenarnya tidak berlebihan. Pengamen cilik yang biasa mangkal di perempatan jalan itu hanya ingin sekolah.12. Cerita di atas memiliki tema … *5 poinA. ketulusan hati seorang anakB. keikhlasan seorang anakC. kesedihan seorang anakD. kejujuran seorang anak13. Kalimat di bawah ini yang melukiskan karakter tokoh protagonis adalah .... *5 poinA. Tina memang anak yang patuh pada orang tuaB. Selain rendah hati dan pandai bergaul, Vina juga pintar menariC. Karena pandai matematika dan suka membantu teman-temannya, Riana dicintaiD. Sungguh sangat disayangkan meskipun wajahnya cantik, Amanda suka menyombongkan kekayaan orang tuanya.Bacalah cerita berikut! Banjir melanda Desa Arjosari. Seluruh penduduk mengungsi. Mereka menempati tenda-tenda darurat di tempat pengungsian. Hal itu berlaku juga untuk keluarga Pak Ridwan. Mereka mendapat perlakuan yang sama. Dengan perlakuan tersebut, Pak Ridwan dan keluarganya selalu menggerutu. Mereka tidak puas dengan makanan yang tidak enak atau tidur yang tidak nyaman.14. Konflik cerita di atas adalah …. *5 poinA. pengungsian yang tidak nyamanB. peristiwa bencana banjirC. perlakuan adil bagi wargaD. makanan yang tidak enakBacalah paragraf berikut! Aurora lahir di Samarinda tahun 2005. Ia meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Ia seorang anak yang tekun, mandiri dan pandai bermain alat musik piano. Ia belajar secara otodidak atau belajar mandiri di rumah. Aurora dikaruniai otak yang cerdas. Selain itu, Aurora menguasai beberapa bahasa asing seperti bahasa Jerman dan Bahasa Inggris. Aurora sangat membanggakan orang tuanya.15. Hal yang patud diteladani dari tokoh tersebut adalah ... *5 poinA. tekun dan suka belajar otodidakB. membanggakan orang tuaC. menguasai bahasa asingD. pandai bermain pianoBacalah cerita ilustrasi berikut! Diana banyak teman. Dia supel dan suka membantu. Dengan senang hati dia membantu teman yang membutuhkan. Bahkan tanpa diminta pun, ia sering membantu orang lain.16. Ungkapan yang sesuai dengan sikap Diana dalam cerita ilustrasi yaitu … *5 poinA. tangan panjangB. tangan hampaC. ringan tanganD. kaki tanganBacalah paragraf berikut! Santosa murid kelas VI. Ia selalu ingin membeli aneka mainan di sekolahnya. Karena uangnya tidak cukup, ia sering meminjam uang keapda teman-temannya. Padahal setiap hari ia diberi saku Rp5.000,00 oleh ayahnya, sedangkan harga mainan yang ia beli seharga Rp9.000,00. Sikap santosa bagaikan ….17. Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah …. *5 poinA. Besar pasak dari pada tiangB. Tong kosong berbunyi nyaringC. Air tenang menghanyutkanD. Air beriak tanda tak dalamBacalah pantun berikut!Banyak kelelawar di dalam gua Ia terbang tidak melangkah Sayangilah kedua orang tua Agar hidup menjadi berkah 18. Pesan yang terkandung dalam pantun tersebut adalah … *5 poinA. Anak yang baik menyayangi orang tua dengan setengah hati.B. Orang tua butuh disayang agar hidup mereka menjadi berkah.C. Menyayangi orang tua adalah kewajiban anak agar tidak mendapat berkah.D. Kita harus menyayangi kedua orang tua agar hidup kita penuh keberkahan.Cermati puisi berikut!Palang Merah Karya Arinda Jika terjadi perang Palang Merah sangat berjasa Menolong orang-orang yang terluka Tanpa imbalan apa-apa Jika terjadi kecelakaan Palang Merah selalu bersiaga Memberi pertolongan tanpa imbalan apapun 19. Puisi tersebut berisi tentang …. *5 poinA. imbalan untuk petugas Palang MerahB. senangnya menjadi anggota Palang MerahC. Palang Merah siap menolong tanpa pamrihD. asyiknya menjadi petugas Palang MerahBacalah puisi berikut! Sahabat Saat aku mulai mengerti hidup Aku butuh seorang sahabat Yang selalu ada di dekatku Saat jantung berdetak Sampai Aku akan tertawa dan menangis bersama Tak ada kata putus Meski masa akan terhapus Yakinlah hati kita tepat menyatu20. Kata dalam puisi di atas adalah …. *5 poinA. tidurB. pergiC. mengantukD. meninggal​


Jawaban:

12. C

13. D

14. C

15. A

16. C

17. A

18. C

19. C

20. B


9. 16. Bacalah penggalan puisi dibawah ini!Ketika aku tak kenal tulisanKau tuntun aku hingga bisa mengertiKetika aku tak kenal hitunganKau bawa aku ke dunia MatematikaAku bagai kertas putih yang kosongKau isi hidupku dengan berbagai ilmuTerima kasih selalu kuhaturkan padamuKarena kini aku menjadi manusia yang berartiTerima kasih pahlawankuWalau tanpa tanda jasa di dadamu(Henry Runi.S)Puisi di atas berisi ….A. pengabdian siswa kepada gurunya.B. Jasa seorang guru kepada muridnya.C. seorang siswa yang telah menguasai berbagai ilmu.D. terima kasih kepada pahlawan17. Bacalah cuplikan cerita anak di bawah ini!Siang yang panas itu,tiba-tiba ada seekor burung yang terluka jatuh dipangkuan Harun.Burung itu diobati oleh Harun sampai sembuh,kemudian dilepas kembali ke alam bebas. Selang beberapa waktu burung itu datang kembali. Ia menjatuhkan biji semangka kepada Harun. Harun segera menanambiji itu di halaman belakang rumahnya.Waktu terus berjalan,semangka sudah berbuah.Buah semangka sudah matang,ketika dibelah isinya penuh dengan biji emas.Kesimpulan dari cuplikan cerita anak di atas adalah ….A. Burung kecil yang terluka ditolong oleh Harun dan hidup bebas di alam lagiB. Seekor burung membalas kebaikan Harun dengan memberi biji semangka yang berubah menjadi biji emasC. Harun menanam biji semangka yang bisa berubah menjadi biji emasD. Seekor burung memberi biji semangka ke Harun dan ditanam di belakang rumahBacalah laporan berikut dengan saksama!Depo Pertamina Pabean, Jakarta Selatan pada pukul 10.30 WIB. Meledak mula-mula terdengar ledakan dahsyat. Kurang lebih seratus meter dari permukaan tanah api melambung tinggi. Penduduk sekitar berhamburan menyelamatkan diri. Sampai laporan ini diturunkan pemadam kebakaran belum datang.18. Isi laporan di atas adalah tentang ….A. Kebakaran hutanB. Kebakaran rukoC. Kebakaran pertaminaD. Kebakaran pabrik19. “Kurang lebih seratus meter dari permukaan tanah api melambung tinggi.”Perbaikan struktur kalimat di atas yang tepat adalah ….1. A. Api melambung tinggi kurang lebih seratus meter dari permukaan tanahB. Kurang lebih seratus meter api melambung tinggi dari permukaan tanahC. Api melambung tinggi dari permukaan tanah kurang lebih seratus meterD. Dari permukaan tanah api melambung tinggi kurang lebih seratus meter20. Perhatikan percakapan berikut!Rusma : “Masih ingatkah kau, perkenalan kita dulu, Hen? “Heny : ”Tentu, dong!”Rusma : “O, ya ? Di mana, hayo!”Heny : ”Dalam bus kota, kan?Topik dalam percakapan tersebut adalah ….A. Persahabatan dengan temanB. Percakapan di atas busC. Perkenalan dengan sahabatD. Perjalanan menyenangkanMalam harinya kami mulai sibuk. Barang sewaan mulai berdatangan. Tenda dipasang langsung oleh petugas. Keluarga ini berbincang-bincang merancang bagaimana arena harus diatur. Di mana tempat duduk anak yang dikhitan, di mana kursi undangan, tempat pembawa acara, pembicara, dan sebagainya. Sebagian menyiapkan dipan tempat khitanan dengan hiasan spreinya. Sebagian tetap di dapur menyiapkan makan selanjutnya.21. Ringkasan cerita tersebut adalah ….A. Persiapan acara perpisahan anak kelas VIB. Pelaksanaan acara perpisahan anak kelas VIC. Persiapan acara tasyakuran khitan anakD. Pelaksanaan acara tasyakuran khitan anak22. Tema cerita adalah ….A. PendidikanB. PerayaanC. KegiatanD. Peringatan23. Pesan yang terkandung dalam cerita adalah ….A. Jadilah anak yang siap sedia dalam hal apapunB. Jadilah anak yang sesalu siap menghadapi masalahC. Jadilah anak yang rajin dan terampilD. Jadilah anak yang selalu berbakti kepada orang tuaBacalah puisi berikut!Lihatlah hutan ini!Sedikit habis oleh orang-orangYang tak memikirkan masa depanDia mementingkan pribadi tanpa peduliBanjir menerjangBencana melanda24. Pernyataan di bawah ini yang merupakan parafrase puisi di atas adalah ….A. Bencana banjir melanda akibat orang-orang menebang hutan untuk kepentingan pribadi.B. Hutan hampir habis untuk kepentingan masa depan agar orang-orang terbebas dari bencana banjir.C. Orang-orang peduli dengan hutan yang hampir habis untuk masa depan agar terhindar dari bencana banjir.D. Orang-orang mulai memikirkan kepentingan pribadi agar hutan tidak habis dan tidak dilanda bencana banjir.25. Makna kata yang digarisbawahi pada puisi di atas adalah ….A. MeremehkanB. MenghimbauC. MenghiraukanD. Mengajak​


Jawaban:

16. A. pengabdian siswa kepada gurunya.

17. B. Seekor burung membalas kebaikan Harun dengan memberi biji semangka yang berubah menjadi biji emas

18. C. Kebakaran pertamina

19. B. Kurang lebih seratus meter api melambung tinggi dari permukaan tanah

20. C. Perkenalan dengan sahabat

21. C. Persiapan acara tasyakuran khitan anak

22. B. Perayaan

23. B. Jadilah anak yang sesalu siap menghadapi masalah

24. A. Bencana banjir melanda akibat orang-orang menebang hutan untuk kepentingan pribadi.

25. D. Mengajak

#Semoga Membantu

#Semangat Belajar

#No Copy

#2021


10. Penulis: Andrea Hirata Penerbit: Bentang Pustaka Tahun Pertama terbit: 2005 Jumlah Halaman: 529  Secara garis bersar, novel ini bercerita kehidupan kanak-kanak beberapa bocah di Belitong. Andrea Hirata memulainya dengan kisah miris dunia pendidikan di Indonesia dimana sebuah sekolah yang keurangan murid hendak ditutup. Sekolah tersebut adalah SD Muhammadiyah di Gantung Belitung Timur. Namun, karena murid yang terdaftar genap 10, sekolah dengan bangunan seadanyatersebut tetap diijinkan beraktifitas seperti biasanya. Ke-sepuluh murid tersebut adalah para laskar pelangi. Nama yang diberikan guru mereka bernama Bu Mus, oleh karena kegemaran mereka terhadap pelangi. Siapa saja mereka?              Tokoh dalam novel ini adalah Ikal, Lintang, Sahara, Mahar, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek, Trapani, dan juga Harun. Mereka adalah sahabat yang kisahnya memesona dunia lewat tangan dingin sang penulis. Buku laskar pelangi bercerita keseharian mereka di sekolah dan di lingkungan sosial. Mereka adalah anak-anak desa dengan tekad luar biasa. Perjalanan mereka dipenuhi kejadian yang tak terduga. Secara perlahan mereka menemukan keunggulan ddalam diri dan persahabatan. Ini mungkin yang menjadi titik fokus Andrea Hirata. Ia juga piawai menyisip komedi dalam kisah ini.              Sudut pandang bercerita dalam novel ini menggunakan orang pertama yakni “aku”. Aku sendiri adalah si Ikal. Ia anak yang pandai meski berada di urutan kedua setelah Lintang, bocah terpandai di dalam kelas mereka. Si Ikal ini menaruh minat yang besar pada sastra. Hal ini terlihat dari kegemarannya menulis puisi. Lain lagi dengan tokoh Lintang. Ia digambarkan sebagai anak yang sangat jenius. Orangtuanya seorang nelayan, yang miskin dan hanya tidak memiliki perahu. Mereka memiliki keluarga dalam jumlah yang melimpah, 14 kepala. Lintang sangat suka matematika. Namun, cita-citanya menjadi seorang ahli matematika harus terpangkas dengan tuntutan membantu orangtua menafkahi keluarga. Terlebih saat ayahnya meninggal.Tokoh lainnya adalah Sahara. Ia merupakan anak perempuan satu-satunya dalam cerita ini. Ia berpendirian kuat dan cenderung keras kepala. Sementara itu, Mahar, ia digambarkan bertubuh ceking dan mencintai seni. Ia suka menyanyi dan gemar pada okultisme. Tokoh berikutnya adalah A kiong. Dari namanya sangat jelas kalau ia merupakan keturunan Tionghoa. Ia sangat menyukai Mahar dan mengikutinya kemanapun. Ia digambarkan tak rupawan tetapi hatinya “tampan”.             Lanjut ke Syahdan. Perangainya ceria meski ia tak pernah menonjol dalam kelas. Sementara itu Kucai, adalah tokoh dalam cerita yang didaulat menjadi ketua kelas. Ia digambarkan menderita penyakit rabun jauh sebab ia kekurangan gizi. Borek, Trapani dan Harun adalah anggota laskar` pelangi yang terakhir. Borek digambarkan sebagai anak yang terobsesi dengan otot. Ia ingin menjadi lelaki yang paling macho. Trapani, ia tampan dan pandai. Ia lengket dengan sang ibu. Terakhir, Harun. Ia istimewa sebab ia berbeda dengan anak-anak lainnya. Ia mengalami keterbelakangan mental. Namun menurut beberapa orang, tokoh Harun ini digambarkan dengan cukup manis sehingga banyak yang jatuh cinta pada sosoknya.              Novel laskar pelangi berkisah perjuangan hidup kesepuluh anak ini menghidupkan cita-cita di antara kehidupan mereka yang berat. Ada dinamika di dalamnya. Manis meski berat. Kisah khas anak-anak yang memandang dunia dengan ambisi yang sederhana. Andrea Hirata, meski banyak dihujat sebab mengklaim cerita ini nyata, memang terkesan berlebihan dalam beberapa hal. Namun toh, sebagai novel pembangun, Laskar Pelangi berhasil merubah secuil dunia pendidikan kita, merecharge semangat mereka yang lain untuk meraih ilmu. begitu banyak hal menakjubkan yang terjadi dalam masa kecil para anggota laskar pelangi. sebelas orang anak melayu belitong yang luar biasa ini tak menyerah walau keadaan tak bersimpati pada mereka. tengoklah lingtang, seorang kuli kopra kecil yang genius dan dengan senang hati bersepeda 80km pulang pergi untuk memuaskan dahaganya akan ilmu, bahkan terkadang, hanya menyanyikan lagu padamu negeri diakhir jam sekolah. atau mahar, seorang pesuruh tukang parut kelapa sekaligus seniman dadakan yang imajinatif, tak logis, kreatif, dan sering diremehkan sahabat-sahabatnya, namun berhasil mengangkat derajat sekolah kampung mereka dalam karnaval 17 agustus. dan juga sembilang orang laskar pelangi lainyang begitu bersemangat dalam menjalani hidup dan berjuang meraih cita-cita.kemukakan isi novel LASKAR PELANGI ! Gunakan pertanyaan2 berikut:a. siapakah tokoh2 dalam cerita tersebut? Bagaimana wataknya?b.Apa temanya?c. Bagaimana latar dan alur ceritanya?d. Peristiwa apa saja yang dialami tokoh-tokoh tersebut?e. Apa yang menarik dalam cerita tersebut?f. Bagaimana pesan dan amanat cerita tersebut?


a) Ikal berwatak Pandai, Lintang berwatak jenius, Sahara berwatak keras kepala, Mahar berwatak , A Kiong berwatak baik hati, Syahdan berwatak ceria, Kucai berwatak bijaksana, Borek berwatak pemberani, Trapani berwatak pandai, dan Harun berwatak baik hati.
b) Tema = Persahabatan
e) Perjuangan mereka dalam meraih impian mereka.
f) Jika mempunyai mimpi, harus di kejar. Jangan mudah pantang menyerah.

Maaf jika salah. Hanya segitu yang saya tahu.

Video Terkait


Posting Komentar untuk "Puisi Matematika Kehidupan"