Kkm Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017
jawaban halaman 21-25 buku bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017
1. jawaban halaman 21-25 buku bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017
Jawaban:
Pertanyaan
Apakah pernyataan umumnya sudah jelas mengklasifikasikan Venus?
Jawaban: Ya, sudah jelas
Kosakata teknis apa yang digunakan untuk menjelaskan Venus? Berikan contoh!
Jawaban: planet, mengedari, berotasi, petir
Kata apa yang menggambarkan proses dan aksi?
Jawaban:
Kata yang menggambarkan proses: mengedari
Kata yang menggambarkan aksi: berotasi
Perhatikan cara mengurutkan gambaran tentang Venus! Sudah baik menurutmu?
Jika urutan penggambarannya belum baik, apa saranmu?
Jawaban: Belum baik. Sebaiknya, warna langit Venus disajikan setelah warna planet tersebut, baru disusul dengan lokasi dan periode rotasi serta revolusi planet Venus berikut kondisi geografisnya.
Semoga membantu, maaf jika ada kesalahan:)
2. soal objektif ips kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017
apa yg dimaksud interaksi sosial yaitu proses timabal balik antar individu, antar kelompok, dan individu antar kelompok
3. Jawabkan soal bahasa indonesia halaman 51-52 kelas VIII kurikulum 2013 revisi 2017
Jawaban:
Jawaban soal bahasa Indonesia halaman 51-52 kelas VIII adalah menilai kualitas kebahasaan dari kedua buah iklan/ poster berikut.
Iklan 1
Judul iklan: Buku yang Bermanfaat
Isi iklan: Buku yang bermanfaat merupakan teman yang sejati
a. Kepersuasifan = 0
Alasan: Tidak ada unsur ajakan pada poster tersebut.
b. Keimperatifan = 0
Alasan: Tidak ada kalimat perintah pada poster tersebut, seperti marilah, ayo
c. Keberiramaan = 0
Alasan: Tidak ada irama pada poster tersebut.
d. Keberkesan = 1
Alasan: Kesan yang dari poster ini biasa saja karena gambar yang ditampilkan kurang menarik. Hanya tulisannya yang besar saja yang menjadi daya tarik poster tersebut.
e. Keringkasan = 4
Alasan: kata-kata yang ditampilkan cukup sederhana dan ringkas.
Jumlah = 5
Penjelasan:
Iklan II
Judul: Belajar tanpa Sekolah
Isi iklan: Bagaimana memanfaatkan seluruh dunia sebagai ruang kelas anak Anda
a. Kepersuasifan = 4
Alasan: Poster ini menarik pembaca karena pilihan kata-katanya yang cukup menimbulkan tanda tanya
b. Keimperatifan = 0
Alasan: Tidak ada kalimat perintah pada poster tersebut
c. Keberiramaan = 4
Alasan: Irama pada pada poster itu adalah a (sekolah) - a (dunia) - a (Anda)
d. Keberkesan = 4
Alasan: Kesan yang dari poster ini sangat menarik karena gambar dan pilihan kata-katanya
e. Keringkasan = 4
Alasan: Pilihan katanya ringkas dan mudah dipahami
Pelajari lebih lanjut materi fungsi slogan pada https://brainly.co.id/tugas/11655213
#BelajarBersamaBrainly
4. Jawaban buku bahasa indonesia semester 1 kurikulum 2013 revisi 2017 halaman 66
Jawaban:
foto dulu baru bisa dijawab
5. #askTugas 1 Bahasa Indonesia hal 121 kelas 11 kurikulum 2013 revisi 2017makasih sebelumnya
Jawaban:
1a) Unsur yang dominan dalam cuplikancerita tersebut adalah penokohan.Karena, menunjukkan sifat para tokohseperti, penurun, pendiam.
b)unsur yang dominan dalam cuplikancerita tersebut adalah latar, karenamenunjukkan tempat dan suasana yaitudikamar dan gelap.
6. tolong potokan buku bahasa inggris kls 7 kurikulum 2013 edisi revisi 2017
Bukunya seperti ini ya...Apakah bukunya seperti ini?
7. Bahasa indonesia kurikulum 2013 revisi 2017 kelas 8 semester 2, kegiatan 7.4 hal 184-185 yang bagian A dan B saja
Teks persuasi adalah sebuah teks yang menyajikan saran, ajakan, atau bujukan kepada lawan bicara sang penutur maupun kepada para pembaca dan masyarakat umum untuk menyetujui suatu gagasan atau melakukan suatu tindakan secara sukarela atau tidak memperoleh paksaan dari pihak manapun serta dalam bentuk apapun. Untuk dapat mencapai tujuan ini, sebuah teks persuasi pada umumnya menggunakan kata-kata bermakna emotif.
PembahasanPada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan sebuah teks persuasi tentang Sumpah Pemuda. Kemudian, ktia diminta untuk mencari fakta/pendapat penting dari setiap paragraf kemudian menyajikan simpulan teks tersebut berdasarkan fakta/pendapat pentign yang kita temukan. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut satu per satu.
PERTANYAAN
1. Bacalah kembali teks yang bertopik perlunya peringatan Hari Sumpah
Pemuda pada pelajaran sebelumnya.
2. Jawabah soal-soal berikut!
a. Apa fakta penting yang dinyatakan dalam paragraf pertama?
JAWABAN:
HARI SUMPAH PEMUDA JATUH SETIAP TANGGAL 28 OKTOBER
b. Apa pendapat penting yang dinyatakan dalam paragraf kedua?
JAWABAN:
SUMPAH PEMUDA MERUPAKAN IKRAR BERSAMA SELURUH BANGSA INDONESIA KALA ITU UNTUK MENGUSIR PENJAJAH BELANDA.
c. Tunjukkan pula pendapat penting yang ada pada paragraf ketiga!
JAWABAN:
SUMPAH PEMUDA MERUPAKAN SENJATA AMPUH UNTUK MENCAPAI KEMERDEKAAN INDONESIA.
d. Adakah fakta/pendapat penting dalam paragraf keempat dan kelimanya?
JAWABAN:
PARAGRAF 4:
PERSATUAN BANGSA MERUPAKAN ELEMEN PENTING UNTUK MENYEJAHTERAKAN MASYARAKAT.
PARAGRAF 5:
GENERASI MUDA SEKARANG WAJIB MENERUSKAN SEMANGAT SUMPAH PEMUDA
e. Dalam paragraf keenam ada pernyataan seperti berikut, "Dengan demikian, citra pemuda semakin harum di masyarakat". Apakah pernyataan itu bisa dikatakan sebagai pendapat penting? Jelaskan alasan-alasannya!
JAWABAN:
PERNYATAAN INI DAPAT DIKATEGORIKAN SEBAGAI PENDAPAT PENTING KARENA BERKAITAN DENGAN PERAN SUMPAH PEMUDA DAN FUNGSI GENERASI MUDA SAAT INI.
B. 1. Secara berkelompok, rumuskan simpulan untuk teks bertopik tentang
perlunya peringatan Hari Sumpah Pemuda!
2. Rumuskan simpulan itu berdasarkan langkah-langkah yang telah kita
pelajari sebelumnya!
JAWABAN:
SETIAP TAHUN, KITA MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA PADA TANGGAL 28 OKTOBER. PADA HARI ITU, KITA MEMPERINGATI SUMPAH YANG MAMPU MENGIKAT SELURUH BANGSA INDONESIA DALAM SATU IKRAR UNTUK MENGUSIR PENJAJAH BELANDA. HAL INILAH YANG MENDORONG SUMPAH PEMUDA BERHASIL MENJADI ALAT PENTING UNTUK MENCAPAI KEMERDEKAAN. KINI PERAN TERSEBUT TELAH BERGANTI DENGAN SUMPAH PEMUDA MENJADI ALAT UNTUK MENYEJAHTERAKAN MASYARAKAT. PERAN INI JUGALAH YANG HARUS DITERUSKAN OLEH GENERASI MUDA MASA KINI.
TEKS RUJUKAN
Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan Saudara-saudara yang saya hormati.
(1) Sekarang ini bangsa Indonesia ada di dalam suasana memperingati Hari Sumpah Pemuda, yang jatuh pada setiap tanggal 28 Oktober. Suatu hari yang sangat bersejarah. Bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda pada masa itu, tahun 1928, telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang kemudian melahirkan ikrar bersama yang kita kenal dengan "Sumpah Pemuda".
(2) Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya. Salah satu hikmahnya yang sangat penting adalah semangat persatuan. Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama. Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa.
(3) Dari modal persatuan itulah kemudian bangsa Indonesia dapat mencapai kemerdekaannya yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Meskipun memakan waktu yang agak lama, dapat dikatakan bahwa sumpah Pemuda yang dilandasi semangat persatuan itulah yang merupakan senjata ampuh yang dapat membawa bangsa Indonesia mencapai kemerdekaannya.
(4) Persatuan bangsa diibaratkan sebuah gedung. Satu per satu bagiannya saling mengait sehingga menjadikan gedung itu kukuh. Begitu juga bangsa kita hendaklah demikian sehingga dalam mengikuti derap langkah pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah sekarang bisa seirama menuju satu sasaran: masyarakat yang adil dan makmur dalam limpahan rahmat Allah Yang Mahakuasa. Hadirin yang berbahagia,
(5) Bagi para pemuda dan pelajar yang kini sering menyandang predikat sebagai generasi penerus bangsa, sudah sewajarnya jika pada masa-masa sekarang mempelopori semangat persatuan yang dahulu pernah diwujudkan dalam sumpah pemuda. Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan ataupun terlena dalam menekuni kepentingan pribadi.
...
Pelajari lebih lanjutPada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks persuasi:
brainly.co.id/tugas/14565389
Detil jawabanKelas: VIII
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Bab: Bab 1 - Sastra
Kode kategori :8.1.1
Kata kunci: teks persuasi, sumpah pemuda, fakta, pendapat, penting, simpulan, makna,
8. kegiatan 7.6 halaman 190 kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017
Struktur Teks persuasi " Internet dan HAKI"
a. Pengenalan Isu :
Teman-teman sekalian, jujur saja, kita memang belum bisa terbuka membicarakan soal seks dan kesehatan reproduksi. Padahal, itu penting sekali buat kita ketahui supaya tidak terjerumus ke jalan yang salah. Nah, lewat situs-situs tertentu di internet, beragam informasi yang kita butuhkan bisa kita dapatkan.
Kalau di bidang hukum, HAKI adalah singkatan dari hak atas kekayaan intelektual. Ini ada kaitannya dengan perlindungan dan penggunaan hak cipta. Akan tetapi, HAKI yang akan kami bahas sekarang merupakan singkatan dari hak-hak reproduksi. Wah, bosan ya, bolak-balik mengupas masalah yang satu ini? Sekadar mengingatkan saja, sebagai remaja kita punya sepuluh hak reproduksi yang sepantasnya kita pertahankan.
b. Rangkaian Argumen :
Dari sepuluh itu, salah satunya adalah mendapatkan informasi yang tepat mengenai reproduksi remaja. Supaya kita bisa tahu dan bisa menentukan pilihan atas diri dan kesehatan reproduksi kita. Nah, yang paling penting nih, kita bisa bertanggung jawab atas pilihan tadi sehingga tidak akan menyesal di kemudian hari.
Sudah menjadi rahasia umum, kalau ada sepasang kekasih yang terjerumus melakukan hubungan seksual sebelum menikah. Peristiwa itu terjadi karena mereka tidak tahu cara mengontrol diri dan mengabaikan ajaran agama. Mereka juga tidak tahu cara menghindari diri dari perbuatan itu. Akibatnya, mereka menyesal, lalu terpikir untuk aborsi. Seram, kan? Itu hanya salah satu contoh akibat ketidakpedulian kita atas hak kita untuk mendapatkan informasi yang benar tentang diri, seksualitas, permasalahan reproduksi remaja lain, dan tentu saja karena lemahnya iman pada diri mereka.
Bersyukurlah sekali kalau orang tua kita berbaik hati mau berbagi dan terbuka sama kita tentang apa saja yang kita tanyakan sama mereka. Masalahnya, buat orang tua juga ternyata tidak segampang itu membicarakan soal seks, reproduksi remaja, dan berbagai isu lain.
c. Ajak - ajakan :
Nah, untungnya kita sudah akrab dengan teknologi internet. Media ini memungkinkan kita untuk mencari informasi semua kebutuhan kita. Banyak situs di internet yang menyediakan berbagai informasi tentang seksualitas dan reproduksi bagi remaja. Hanya saja kemajuan teknologi (termasuk internet) biasanya bagai pisau bermata dua: dia bisa bersifat sebagai teman alias penyedia informasi yang tepat, tapi bisa juga sebagai devil advocate, teman yang malah justru menjerumuskan kita ke perbuatan yang tidak baik. Nah! Sekali lagi kita harus hati-hati dan waspada dengan situs-situs yang akan kita kunjungi.
d. Penegasan Kembali
Selamat berakrab-akraban dengan internet. Jadikanlah wahana yang satu ini sebagai penambah wawasan. Internet dapat dijadikan teman setia dalam menjalani hidup ini. Kita tidak tertipu apalagi terjerumus pada hal-hal yang merugikan diri sendiri dan juga dilarang oleh agama.
( Sumber teks : Roellya Ardyaning Tyas dan Chatarina Wahyurini dalam Kompas )
9. buku paket prakarya kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017 semester 2 halaman 31
halamannya31semester2adadigambar
semogabermanfaaat
10. mohon jawaban..........buku bahasa indonesia kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2017 halaman 93......besok dikumpul
pada hari ibu kartini yang berepat pada tanggal "4 april 2016" disekolahku mengadakan pentas untuk memperingati hari ibu kita kartini.
di alur sambutan seluruh siswa dan siswi wajib menyanyikan lagu "ibu kita kartini". selesai usai kami semua memakai baju pakaian adat untuk menjadi model dari pakaian tersebut.
di sisi lain di sekolahku pun ada esktrakurikuler maching band, dan maching band mengelilingi pentas tersebut.
Selesai.
11. kegiatan 7.8 bahasa indonesia kelas 8 kurikulum revisi 2013.
Jawaban:
Teks persuasif adalah sebuah teks yang menyajikan saran, bujukan, atau ajakan kepada khalayak atau lawan bicara untuk menyetujui suatu gagasan atau melakukan suatu tindakan secara sukarela alias tanpa memperoleh paksaan dalam bentuk apapun dari pihak manapun.
Pembahasan
Pada kesmepatan ini, soal meminta kita untuk membuat satu contoh teks persuasi tentang lingkungan sekolah. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.
LINGKUNGAN SEKOLAH
Lingkungan sekolah adalah tempat kita belajar dan menuntut ilmu. Sebagai sebuah tempat yang memiliki peran begitu penting, lingkungan sekolah harus bisa menjadi lingkungan yang kondusif dari berbagai aspek, termasuk dan terutama dari segi kebersihan lingkungan.
Kebersihan lingkungan sekolah adalah aspek yang wajib dipenuhi agar setiap kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan kondusif. Dengan adanya lingkungan yang bersih, sekolah dapat memperoleh udara yang segar dan dapat mempertahankan suhu yang nyaman dan ideal untuk menunjang proses belajar mengajar. Selain itu, lingkungan yang bersih dan asri juga nyaman untuk dilihat sehingga dapat semakin menunjang kegiatan belajar mengajar.
Oleh karena itu, sebagai bagian dari proses pendidikan, kita harus senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita. Mari memulai dari langkah yang paling sederhana yaitu memastikan kelas kita selalu bersih dan tak lupa memungut sampah di manapun kita berada di lingkungan sekolah.
Pelajari lebih lanjut
Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks persuasi:
brainly.co.id/tugas/14565389
Detil jawaban
Kelas: VIII
Mata pelajaran: Bahasa Indoneisa
Bab: Bab 1 - Sastra
Kode kategori: 8.1.1
kata kunci: teks persuasi, lingkungan sekolah
Simak lebih lanjut di Brainly.co.id - https://brainly.co.id/tugas/21642650#readmore
Penjelasan:
12. Kegiatan 7.5 hal 187 B.indo Kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017
Bacalah teks di bawah ini dengan baik!
Secara berdiskusi, petakanlah struktur teks tersebut dengan jelas dan tepat!
Teks yang dibahas adalah teks Internet dan HAKI.
PembahasanStruktur Teks Persuasi:
1. Pengenalan isu
Paragraf: 1 dan 2
Alasan: berupa pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraannya itu, yaitu mengenai hak-hak reproduksi.
2. Rangkaian argumen
Paragraf: 3 hingga 5
Alasan: pada paragraf 3 hingga 5 dikemukakan fakta-fakta yang memperkuat argumen-argumen, yaitu
paragraf 3: mendapatkan informasi yang tepat mengenai reproduksi remaja agar bertanggung jawab atas pilihannya.
paragraf 4: ketidakpedulian atas hak untuk mendapatkan informasi yang benar tentang diri, seksualitas, permasalahan reproduksi remaja lain, dan keimanan.
paragraf 5: orang tua tidak mudah untuk membicarakan soal seks, reproduksi remaja, dan berbagai isu lain.
3. Ajakan-ajakan
Paragraf: 6
Alasan: terdapat ajakan terdapat pembaca untuk melakukan sesuatu, yaitu ajakan untuk berhati-hati dan waspada dengan situs-situs yang akan dikunjungi.
4. Penegasan kembali
Paragraf: 7
Alasan: berisi simpulan, yaitu menjadikan internet sebagai wahana penambah wawasan.
--------------------------
Detil jawabanKelas: VIII
Mapel: Bahasa Indonesia
Bab : Berbahasa Persuasif (Bab 7)
Kode: 8.1.7
Kata kunci: tabel 7.5 kelas 8, petakan struktur teks internet dan HAKI
13. Tugas bahasa Indonesia kelas 11 halaman 85 kurikulum revisi 2017
Jawaban:
Tugas bahasa Indonesia kelas XI halaman 85 adalah mengidentifikasi bagian-bagian penting dari suatu teks.
Tabel bagian-bagian penting dari teks Tentang Jepang yaitu
Paragraf 1: Jepang termasuk negara kecil di Asia yang sudah maju.
Paragraf 2: Anak-anak Jepang membersihkan sekolah mereka setiap hari.
Paragraf 3: Pekerja kebersihan di Jepang untuk menciptakan kesehatan.
Paragraf 4: Jepang tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah.
Paragraf 5: Orang-orang yang hanya makan sebanyak yang mereka butuhkan
Paragraf 6: Masyarakat Jepang sangat menghargai waktu.
Paragraf 7: Jepang sangat menghargai pendidikan.
Penjelasan:
Bagian-bagian penting dari teks tersebut adalah bagian yang berisi suatu informasi dianggap penting apabila informasi itu bersifat umum yang merangkum atau menjadi dasar uraian-uraian lainnya. Penting atau tidaknya suatu uraian dapat pula berdasarkan kebermanfaatannya.
Pelajari lebih lanjut perbedaan ceramah, khotbah, dan pidato pada https://brainly.co.id/tugas/1938805
#BelajarBersamaBrainly
14. bantu jwb kk bahasa sunda kelas 3 kurikulum 2013 revisi 2017
Jawaban:
Aya dulur di Pamanukan can kungsi Dianjangan
Cicing----->Dicicingan
imah nu anyar teh can Dicicingan ku nu bogana
keureut----->Dikeureutan
tahu teh keur Dikeureutanku teteh di dapur
Seukeut----->Diseukeutan
patlotbteh keur Diseukeutan ku Dadan
beresih------>Diberesihan
lauk teh keur Diberesihanku bibi
semoga membantu^_^
#JADIKANJAWABAN TERBAIK
15. Kegiatan 7.6 hal 190 B.indo Kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017
Teks persuasi adalah teks yang berisi bujukan atau ajakan yang mendorong seseorang untuk mengikuti harapan atau keinginan-keinginan penulis. Untuk menulis teks persuasi, yang harus diperhatikan adalah pengenalan isi, rangkaian argumen yang berisi pendapat atau fakta, dan pernyataan ajakan.
Pembahasana. Bujukan, ajakan
Hasil pengamatan :
- Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya.
- Begitu juga bangsa kita hendaklah demikian sehingga dalam mengikuti derap langkah pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah sekarang bisa seirama menuju satu sasaran: masyarakat yang adil dan makmur dalam limpahan rahmat Allah Yang Mahakuasa.
- Bagi para pemuda dan pelajar yang kini sering menyandang predikat sebagai generasi penerus bangsa, sudah sewajarnya jika pada masa-masa sekarang mempelopori semangat persatuan yang dahulu pernah diwujudkan dalam sumpah pemuda.
- Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan ataupun terlena dalam menekuni kepentingan pribadi.
- Rasa syukur tersebut kita tingkatkan lagi dengan menjalankan berbagai amal kebajikan, terutama dengan mengajak semua generasi muda Indonesia untuk lebih giat beribadah kepada Allah sesuai dengan bidang masing-masing.
- Demikianlah, semoga semangat persatuan yang tecermin dalam Sumpah Pemuda tetap dapat kita warisi untuk dijadikan moda perjuangan membela bangsa dan negara.
b. Pendapat
Hasil pengamatan:
Sesungguhnya menghidupkan semangat persatuan dan kekompakan, termasuk upaya kita dalam mensyukuri nikmat Allah.
c. Fakta
Hasil pengamatan :
- Bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda pada masa itu, tahun 1928, telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang kemudian melahirkan ikrar bersama yang kita kenal dengan "Sumpah Pemuda".
- Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama.
- Dari modal persatuan itulah kemudian bangsa Indonesia dapat mencapai kemerdekaannya yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.
d. Kata teknis
Hasil pengamatan:
- Ikrar
- senjata
- modal
- predikat
e. Konjungsi kausalitas
Hasil pengamatan:
- Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa. (konjungsi kausalitas : karena itulah)
f. Kata kerja mental
Hasil pengamatan:
- Bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda pada masa itu, tahun 1928, telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang kemudian melahirkan ikrar bersama yang kita kenal dengan "Sumpah Pemuda". (kata kerja mental : mewujudkan, melahirkan)
- Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya. (kata kerja mental : menyambut, mengambil)
- Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama. (Kata kerja mental : menghadapi, menghadapinya)
- Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa.(kata kerja mental : mengucapkan, mengusir, memorak-porandakan)
g. Kata Perunjukan
Hasil pengamatan:
Tidak ada kata perunjukan pada teks tersebut, seperti :seperti berdasarkan data..., merujuk pada pendapat.....
Simpulan:
Teks pidato "Perlunya Memperingati Hari Sumpah Pemuda termasuk dalam teks persuasi karena mengandung penyataan-pernyataan yang mengandung ajakan, dorongan, atau bujukan. Kaidah kebahasaan yang digunakan pun menunjukkan bahwa teks tersebut adalah teks persuasi. Tetapi teks di atas kurang mencantumkan kata-kata perunjukan yang digunakan untuk lebih meyakinkan dan memperkuat bujukan yang digunakan penulis sebelum ataupun sesudahnya.
Pelajari lebih lanjutContoh teks persuasif tentang COVID-19 pada https://brainly.co.id/tugas/27713958
Kegiatan 7.8 bahasa Indonesia kelas 8 pada https://brainly.co.id/tugas/14756748
Hal yang membedakan teks persuasi dengan teks lainnya pada https://brainly.co.id/tugas/13804171
--------------------------
Detail JawabanKelas: VIII
Mapel: Bahasa Indonesia
Bab: Berbahasa Persuasif (bab 7)
Kode: 8.1.7
#AyoBelajar
Posting Komentar untuk "Kkm Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017"