Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lampiran Permendikbud 23 Tahun 2016


Lampiran Permendikbud 23 Tahun 2016

permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang standar penilaian

1. permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang standar penilaian


yang merupakan kriteria mengenai lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik yang digunakan sebagai dasar dalam penilaian hasil belajar peserta didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Dengan diberlakukannya Peraturan Menteri ini, maka Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

2. analisis standar isi di Permendikbud no. 20-23 tahun 2016?​


Jawaban:

1. Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah yang digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan,standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan. Dengan diberlakukanya Peraturan Menteri ini, maka Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

2. Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah yang memuat tentang Tingkat Kompetensi dan Kompetensi Inti sesuai dengan jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Kompetensi Inti meliputi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan ketrampilan. Ruang lingkup materi yang spesifik untuk setiap mata pelajaran dirumuskan berdasarkan Tingkat Kompetensi dan Kompetensi Inti untuk mencapai kompetensi lulusan minimal pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Dengan diberlakukannya Peraturan Menteri ini, maka Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

3. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah yang merupakan kriteria mengenai pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan satuan pendidikan dasar menengah untuk mencapai kompetensi lulusan. Dengan diberlakukanya Peraturan Menteri ini, maka Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

4. Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan yang merupakan kriteria mengenai lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik yang digunakan sebagai dasar dalam penilaian hasil belajar peserta didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Dengan diberlakukannya Peraturan Menteri ini, maka Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah dicabut dan dinyatakan tidak berlaku

Penjelasan:

semogamembantu

~selamatbelajaryaa:)


3. Permendikbud No. 20 tahun 2016 berisi tentang:


Jawaban:

Dalam Pasal 1 Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah


4. Administrasi kependudukan diatur dalam Undang-Undang Nomor … * 10 poin a. Nomor 23 tahun 2016 b. Nomor 13 tahun2006 c. Nomor 32 tahun 2006 d. Nomr 23 tahun 2006​


Jawaban:

Administrasi Kependudukan dalam UU 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan Data Kependudukan melalui Pendaftaran Penduduk, Pencatatan Sipil, pengelolaan informasi Administrasi Kependudukan serta pendayagunaan hasileya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain. Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pada hakikatnya berkewajiban memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status pribadi dan status hukum atas setiap Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting yang dialami oleh Penduduk Indonesia yang berada di dalam dan/atau di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk memberikan perlindungan, pengakuan, penentuan status pribadi dan status hukum setiap Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting yang dialami oleh Penduduk Indonesia dan Warga Negara Indonesia yang berada di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, perlu dilakukan pengaturan tentang Administrasi Kependudukan.


5. Jelaskan perkembangan apa saja yang ditekankan dalam UU Perlindungan anak sejak UU No. 23 tahun 2002 hingga UU No. 17 tahun 2016


Jawaban:

yaitu

Penjelasan:

Perlindungan Anak menjadi UU adalah:

bahwa negara menjamin hak anak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang, serta perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;

bahwa kekerasan seksual terhadap anak dari tahun ke tahun semakin meningkat dan mengancam peran strategis anak sebagai generasi penerus masa depan bangsa dan negara, sehingga perlu memperberat sanksi pidana dan memberikan tindakan terhadap pelaku kekerasan seksual terhadap anak dengan mengubah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak;

bahwa Presiden telah menetapkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak pada tanggal 25 Mei 2016;

bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a, huruf b, dan huruf c, perlu membentuk Undang-Undang tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Menjadi Undang-Undang;

itu saja semoga membantu:)


6. Sebutkan tujuan dan ruang lingkup Mata Pelajaran IPS yang terbaru dalam Kurikulum 2013 Permendikbud 2016


membentukan wadah terampil

7. permendikbud no 21 tahun 2016 mengatur tengang apa?​


Jawaban:

Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah yang memuat tentang Tingkat Kompetensi dan Kompetensi Inti sesuai dengan jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Kompetensi Inti meliputi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan ketrampilan.

Jawaban:

STANDAR ISI PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

Penjelasan:

Pemerintah mengusahakan dan  menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang  meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka  mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang. Atas  dasar amanah tersebut telah diterbitkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Terdiri atas 3 pasal

Pasal 1 mengatur mengenai standar satuan pendidikan dasar dan menengah

Pasal 2 mengatur mengenai Peraturan yang wajib diselenggarakan setiap sekolah dalam kurun waktu 3 tahun

Pasal 3 mengatur mengenai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional  Nomor  64 Tahun 2013 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan  Dasar  dan  Menengah, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.


8. Fakta dan opini dari judul teks eksposisi "pembangunan dan bencana lingkungan" buku kemendikbud 2016 halaman 56.


fakta karena di tulisany ada angka dan menunjukan kalimat itu nyata

9. mengapa dalam penilaian untuk mata pelajaran PAI penilaian sikap diurutkan pertama pengetahuan di urutan kedua dan keterampilan di urutan ketiga tolong berikan alasan ilmiah yang mengacu pada Permendikbud nomor 23 tahun 2016 pasal 2 dan ilmu pengetahuan lainnya..?


Jawaban:

1.Sikap:

Penilaian sikap sebagaimana dimaksud pada ayat 1 huruf a, merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh informasi deskriptif mengenai perilaku peserta didik.

2.Pengetahuan:

Penilaian pengetahuan sebagaimana dimaksud pada ayat 1 huruf b, merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur penguasaan pengetahuan peserta didik.

3.Keterampilan:

Penilaian keterampilan sebagaimana dimaksud pada ayat 1 huruf c, merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu.

Penjelasan:

Penilaian guru didapat dari aspek aspek tersebut

Materi:Bab3LingkupPenilaian

MataPelajaran:SBMTPN

Kelas:14

KataKunci:MenilaiSesuatuDariLingKup


10. kewajiban guru dalam Permendikbud nomor 15 tahun 2008​


berdasarkan pasal 3 Permendikbud Nomor 15 tahun 2018 tentang pemenuhan beban kerja guru kepala sekolah dan pengawas sekolah menyatakan bahwa pelaksanaan beban kerja selama 37,5 jam kerja efektif bagi guru mencakup kegiatan pokok A merencanakan pembelajaran atau pembimbingan

B melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan

C menilai hasil pembelajaran atau pembimbingan

D membimbing dan melatih peserta didik melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok sesuai dengan beban kerja guru

kwajiban guru dalam permendikbud nomor 15 tahun 2p18 adalah mendidik dan mengajar anak muridnya dengan sebaik mungkin


11. nomor 23 sampai 28.soal ada di lampiran.


C,A,C,A,D,A
-------------------------------------------------------------------------



12. permendikbud no.28 tahun 2015 tentang SOTK museum nasional


PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TENTANG ORGANISASI DAN TATA KERJA MUSEUM
NASIONAL.

Bab 1. Pasal 1
(1) Museum Nasional adalah unit pelaksana teknis
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bidang
permuseuman yang berada di bawah dan
pertanggungjawaban kepada Direktur Jenderal
Kebudayaan.

13. PERMENDIKBUD yang memuat tentang ekstrakurikuler wajib Pendidikan Kepramukaan tertuang pada nomor.... tahun...​


PERMENDIKBUD yang memuat tentang ekstrakurikuler wajib Pendidikan Kepramukaan tertuang pada nomor 63 tahun 2014

Jawaban:

Kep. Kwarnas Gerakan Pramuka No. 54 Tahun 2013 tentang Juklak Karang Pamitran. Permendikbud. No. 63 Tahun 2014 tentang Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan. Permendikbud

Penjelasan:

maaf kalo salah


14. 23 tahun sebelum tahun 2016 adalah?


23 tahun sebelum tahun 2016 adalah tahun 1993Tahun 1993 karena 2016 - 23 = 1993

15. (soal terlampir) (UN SMP 2016 Bidang Studi IPA)


Posisi benda yang benar dalam wadah ditunjukan oleh gambar B.

Pembahasan

Ini merupakan persoalan fluida statis, atau fluida yang tidak mengalir, khususnya mengenai posisi benda dalam Hukum Archimedes.

Benda dikatakan tenggelam dalam zat cair apabila posisi benda selalu berada pada dasar dari zat cair. Kedudukan ini tercapai dengan syarat [tex]\boxed{~\rho~benda > \rho~cairan~}[/tex]Benda dikatakan melayang dalam zat cair apabila posisi benda selalu berada pada dasar dari zat cair. Kedudukan ini tercapai dengan syarat [tex]\boxed{~\rho~benda = \rho~cairan~}[/tex]Benda dikatakan terapung dalam zat cair apabila posisi benda sebagian muncul di atas permukaan zat cair dan sebagian terbenam dalam zat cair. Kedudukan ini tercapai dengan syarat [tex]\boxed{~\rho~benda < \rho~cairan~}[/tex]

Diketahui

Benda P dengan massa 2 gram dan volum 2,5 cm³.  

Benda Q dengan massa 13 gram dan volum 20 cm³.  

Benda R dengan massa 8 gram dan volum 2,0 cm³.  

Massa jenis minyak ρ = 800 kg/m³

Ditanya

Posisi benda yang benar saat berada di dalam minyak

Pengerjaan

Konversi massa jenis minyak dari 800 kg/m³ menjadi g/cm³.

[tex]800~\frac{kg}{m^3} = 800 \times \frac{1.000}{1.000.000} \frac{g}{cm^3}[/tex]

[tex]800~\frac{kg}{m^3} = 0,8 \frac{g}{cm^3}[/tex]

Kita siapkan massa jenis dari masing-masing benda.

[tex]\boxed{~\rho = \frac{massa}{volum}~}[/tex]

Massa jenis benda P ⇒ [tex]\rho_P = \frac{2~g}{2,5~cm^3}[/tex] diperoleh [tex]\rho_P = 0,8~g/cm^3[/tex]Massa jenis benda Q ⇒ [tex]\rho_Q = \frac{13~g}{20~cm^3}[/tex] diperoleh [tex]\rho_Q = 0,65~g/cm^3[/tex]Massa jenis benda R ⇒ [tex]\rho_R = \frac{8~g}{2~cm^3}[/tex] diperoleh [tex]\rho_R = 4~g/cm^3[/tex]

Kesimpulan

Massa jenis masing-masing benda dibandingkan terhadap massa jenis minyak (ρ = 0,8 g/cm³) dan diperoleh kesimpulan sebagai berikut:

(a). Hubungan antara benda P dan minyak adalah [tex]\boxed{~\rho_P = \rho_{minyak}~}[/tex] sehingga benda P melayang.

(b). Hubungan antara benda Q dan minyak adalah [tex]\boxed{~\rho_Q < \rho_{minyak}~}[/tex] sehingga benda Q terapung.

(c). Hubungan antara benda R dan minyak adalah [tex]\boxed{~\rho_R > \rho_{minyak}~}[/tex] sehingga benda R tenggelam.

Dengan demikian posisi benda-benda yang benar ditunjukkan pada gambar B.

Pelajari lebih lanjutMenghitung tekanan yang dialami balok pada posisi yang berbeda brainly.co.id/tugas/14111345  Tekanan hidrostatis brainly.co.id/tugas/6416367

----------------------

Detil jawaban

Kelas        : VIII

Mapel       : Fisika

Bab           : Fluida

Kode         : 8.6.3  


Kata Kunci : hasil pengukuran, massa dan volume, dari, tiga buah benda, terdapat, pada, tabel berikut, massa, volume, dimasukkan, wadah, minyak, massa jenis, gram, kg/m³, g/cm³, hukum archimedes, tenggelam, melayang, terapung, brainly


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Lampiran Permendikbud 23 Tahun 2016"